9 Sekolah di KBB Siap Gelar UNBK

9 Sekolah di KBB Siap Gelar UNBK

9 Sekolah di KBB Siap Gelar UNBK

9 Sekolah di KBB Siap Gelar UNBK
9 Sekolah di KBB Siap Gelar UNBK

Menjelang ujian nasional (UN) untuk tingkat SMA/SMK/MA di Kabupaten Bandung Barat pada April mendatang, ada 9 sekolah yang menyatakan siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Sementara sisanya masih melaksanakan UN dengan sistem berbasis kertas (papper base,red) atau Lembar Jawab Komputer (LJK). Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang SMA pada Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bandung Barat Hasanudin kepada wartawan di Ngamprah, kemarin.

Diungkapkannya, dari 219 sekolah setingkat SMA yang ada di Kabupaten Bandung

Barat, baru 9 sekolah yang telah siap dengan berbasis komputer. Berdasarkan data yang diilikinya, sekolah setingkat SMA umum di Kabupaten Andung Barat ada 56 sekolah. Dari jumlah itu, 16 sekolah di antaranya sekolah negeri dan 40 sekolah lainnya swasta. ’’Untuk sekolah SMK sebanyak 96 sekolah. Dari jumlah itu, 6 sekolah di antaranya negeri dan 90 sekolah lainnya swasta. Sedang untuk MA ada sebanyak 65 sekolah. Untuk jumlah total seluruh siswanya sendiri dari mulai SMA/SMK/MA kurang lebih tercatat ada 52 ribuan siswa,’’ ungkapnya.

Dia menjelaskan, sekolah setingkat SMA yang akan melaksanakan ujian dengan

sistem UNBK ada peningkatan menjadi 9 sekolah jika dibanding tahun sebelumnya yang hanya 1 sekolah yakni di SMAN 1 Cisarua. Dari 9 sekolah itu, 6 sekolah di antaranya SMA umum dan sisanya SMK. Sekolah-sekolah yang siap melaksanakan ujian dengan sistem UNBK tersebut mulai dari SMAN 1 Cisarua, SMAN 1 Lembang, SMAN 1 Padalarang, SMAN 1 Batujajar, SMA Nurul Fikri Cihampelas dan SMA Cahaya Bangsa. Sementara untuk SMK yakni, SMKN 4 Padalarang dan SMK Binaputra. ’’Tahun ini bertambah menjadi 9 dari tahun lalu yang hanya 1 sekolah,’’ ungkapnya.

Diutarakannya, UN sendiri untuk tahun ini akan ada tiga kali tahapan, yakni UN

utama, UN susulan dan UN perbaikan. Dalam pelaksanaannya nanti, kata Hasanudin, UN utama akan dilaksanakan awal April, UN susulan akan dilaksanakan akhir April, sementara UN perbaikan akan dilaksanakan awal Oktober. ’’Ada tahapan pelaksanaan UN yang akan dilalui oleh para siswa,’’ ujarnya.

 

Baca Juga :