All About Dinosaurus

All About Dinosaurus

All About Dinosaurus

All About Dinosaurus
All About Dinosaurus

Masa Pra Sejarah

Dunia kita ada sejak ratusan juta tahun yang lalu. Para ahli membagi masa jutaan tahun lalu ini menjadi beberapa periode. Setiap periode memiliki ciri yang berbeda, baik itu dari kondisi geografis, keadaan alam hingga iklim bumi. Begitu pula dengan makhluk hidup di permukaan bumi. Setiap periode memiliki jenis makhluk hidup yang berbeda.

Periode Triassic (245 – 202 juta tahun lalu)

Pada masa ini iklim di bumi sangat panas dan kering yang membentuk hamparan pasir batuan. Sedangkan iklim di kutub cenderung sedang dan basah.

Periode Jurassic (200 – 144 juta tahun lalu)
Pada periode ini laut sudah dihuni berbagai jenis ikan dan reptil laut. Sementara itu berbagai jenis reptil raksasa darat sudah berkembang. Iklim pun sudah mulai menghangat.

Periode Cretaceous (144 – 65 juta tahun lalu)

Pada masa ini posisi benua sudah hampir menyerupai keadaan seperti sekarang. Iklim lebih hangat, namun di kutub masih belum ada es secara permanen.

Apa penyebab kepunahan hewan purba?
Banyak teori mengenai kepunahan hewan purba. Salah satu penyebabnya adalah perubahan cuaca yang drastis di permukaan bumi. Perubahan ini diakibatkan oleh hantaman meteorit yang jatuh ke bumi. Ini terjadi sekitar 65 juta tahun lalu.

Nama-Nama Dinosaurus

1. Barapasaurus

Barapasaurus adalah hewan berleher panjang pemakan tumbuhan paling awal. Ia berjalan dengan keempat kakinya. Barapasaurus berarti “big leg lizard” atau “kadal berkaki besar”. Fosil hewan ini ditemukan di India.
Panjang : 15 m
Tinggi : 6 m
Berat : 9 ton
Hidup : Jurassic (tepatnya 185-170 juta tahun yang lalu)

Scutellosaurus

Scutellosaurus termasuk dinosaurus yang memiliki sisik perisai. Sisik-sisik yang sangat keras ini melindunginya dari pemangsa. Hewan herbivora ini berjalan dengan kedua kaki belakangnya. Fosilnya ditemukan di Amerika Serikat.
Panjang : 1,5 m
Tinggi : 30 cm
Berat : 10 kg
Hidup : Jurassic (tepatnya 195 juta tahun yang lalu)

3. Huayangosaurus

Fosil huayangosaurus ditemukan di Cina. Hewan pemakan tumbuhan ini memiliki plat besar di punggungnya hingga ke ekor. Hewan ini memiliki sejumlah persamaan dengan stegosaurus (yang hidup beberapa juta tahun kemudian). Diperkirakan huayangosaurus berevolusi menjadi stegosaurus.
Panjang : 4 m
Tinggi : 1,3 m
Berat : 450 kg
Hidup : Jurassic (tepatnya 165 juta tahun yang lalu)

4. Stenopterygius

Stenopterygius adalah hewan purba yang hidup di laut. Bentuk tubuhnya yang sedemikian rupa membuat ia bisa berenang dengan cepat, sekitar 1 meter per detik. Reptil laut ini hidup dengan memangsa ikan-ikan atau hewan lain yang ada di laut. Anak-anaknya dilahirkan dan dibesarkan di laut.
Panjang : 2 m
Berat : 450 kg
Hidup : Jurassic (tepatnya 160 juta tahun yang lalu)

5. Archeopteryx

Hewan purba ini adalah nenek moyang burung. Ciri khususnya memiliki sayap yang bisa merentang panjang. Tidak diketahui secara pasti apakah burung ini bergerak dengan melompat dari satu dahan pohon ke dahan lainnya, atau terbang bebas seperti burung yang kita lihat sekarang.
Rentang sayap : 53 cm
Hidup : Jurassic (tepatnya 150 juta tahun yang lalu)

6. Liopleurodon

Makhluk ini tinggal di laut. Ia memiliki empat buah sirip yang berfungsi untuk bergerak cepat selama berada di dalam air. Liopleurodon memiliki mulut yang panjangnya bisa mencapai tiga meter untuk menyerang mangsanya. Penciumannya tajam sehingga bisa dengan mudah mengetahui dimana mangsanya berada.
Panjang : 12 – 25 m
Berat : 150 ton
Hidup : Jurassic (tepatnya 160 juta tahun yang lalu)

Seismosaurus

Seismosaurus merupakan hewan purba terpanjang yang pernah ditemukan. Ini hanya perkiraan saja berdasarkan fosil yang ditemukan. Seismosaurus memiliki kaki yang pendek namun memiliki leher yang panjang. Ia hidup dengan memakan tumbuh-tumbuhan. Fosil hewan ini ditemukan di Amerika Serikat.
Panjang : 45 m
Tinggi : 13 m
Berat : 100 ton
Hidup : Jurassic (tepatnya 150 juta tahun yang lalu)

Baca Juga :