besaran fisika

Ukuran dan pengukuran fisika

1. Definisi ukuran fisik, ukuran utama, dan jumlah turunannya

Dalam percakapan kita sehari-hari, berat adalah massa, tetapi dalam fisika arti bobot dan massa berbeda. Berat dapat diukur menggunakan alat skala. Misalnya, setelah menimbang 50 kg berat badan, atau secara fisik berbobot 50 kg. Tinggi badan, panjang tubuh, fisik dapat diukur oleh kita dan dapat dinyatakan dalam angka atau satuan. Panjang dan massa adalah jumlah fisik. Oleh karena itu, kuantitas fisik adalah kuantitas fisik objek yang dinyatakan dalam kuantitas.

Selain jumlah fisik, ada juga jumlah yang bukan jumlah fisik. Misalnya, saya merasa sedih, bahagia, dan lelah. Emosi tidak dapat diukur dan tidak dapat diekspresikan dalam angka atau satuan, jadi emosi bukanlah kuantitas fisik.

Ukuran fisika diklasifikasikan menjadi dua jenis, jumlah utama dan jumlah diferensial. Jumlah pokok adalah jumlah uang yang ditentukan sebelumnya. Jumlah derivatif adalah jumlah yang dinyatakan dari jumlah utama.

Sistem unit kuantitas fisik pada prinsipnya standar atau standar, permanen dan universal, mudah digunakan dengan benar setiap saat. Sistem unit standar didirikan pada tahun 1960 oleh pertemuan para ilmuwan di Sevres di Paris. Unit sistem yang digunakan dalam dunia pendidikan dan pengetahuan disebut sistem metrik dan diklasifikasikan sebagai sistem metrik besar yang disebut sistem internasional atau disingkat SI atau Kilogram Meter Kedua.

Jumlah dan turunan utama dapat dilihat pada tabel bersama dengan unitnya.

Unit Sistem Internasional (SI) digunakan di seluruh negeri dan berguna untuk pengembangan ilmiah dan perdagangan antar negara. Jika Anda tidak memiliki unit standar, misalnya 1 kilogram dan 1 meter kubik, Anda dapat membayangkan bagaimana transaksi yang kacau akan terjadi.

Sebuah. Satuan panjang internasional

Pengukuran panjang biasanya dinyatakan dalam satuan meter, sentimeter, milimeter, atau kilometer. Satuan panjang SI adalah meter. Dari jarak dari Kutub Utara melalui Paris ke Khatulistiwa, 1 meter pertama ditetapkan pada 1 / 10.000 (100 juta). Kemudian batang meteran standar dibuat dari campuran platina – iridium. Satu meter didefinisikan sebagai jarak dua pukulan pada batang pada 0 ° C. Meteran standar ini disimpan di Institut Metrologi Internasional di Sevres, dekat Paris.

Batang meteran standar dapat berubah atau rusak di bawah pengaruh suhu, sehingga sulit untuk menentukan akurasi pengukuran. Oleh karena itu, definisi satu meter diubah pada tahun 1960. Satu meter didefinisikan sebagai jarak 1650763,72 kali panjang gelombang cahaya oranye yang dipancarkan dari atom gas krypton-86 dalam ruang hampa selama pelepasan.

Pada tahun 1983, Konferensi Internasional tentang Skala dan Ukuran memutuskan bahwa 1 meter adalah jarak yang ditempuh pada interval 1/299792458
kedua. Karena nilainya selalu konstan, gunakan kecepatan cahaya ini.

b. Massmass Internasional
Massa satuan SI dinyatakan dalam satuan kilogram (kg). Awalnya para ahli mendefinisikan 1 kilogram sebagai massa silinder yang terbuat dari campuran platinum dan iridium yang disimpan di Sevres dekat Paris. Untuk akurasi yang lebih baik, berat standar 1 kilogram didefinisikan sebagai massa 1 liter air murni pada 4 ° C.

c. Unit internasional untuk waktu
Lamanya waktu dinyatakan dalam detik dalam satuan detik atau SI. Satuan jam pertama diwakili berdasarkan waktu rotasi bumi pada sumbu itu, yaitu satu hari. Satu detik didefinisikan sebagai 1/26400 kali rata-rata 1 hari. Rata-rata per hari adalah 24 jam = 24 x 60 x 60 = 86400 detik. Karena matahari satu hari tidak selalu tetap dari waktu ke waktu, pada tahun 1956 ahli membuat definisi baru. Satu detik adalah interval waktu yang diperlukan untuk 133 atom cesium untuk berosilasi 9192631770 kali.

2. Konversi panjang, massa, dan waktu

Setiap kuantitas memiliki unit yang sesuai. Penggunaan satuan magnitudo harus benar. Jika tidak tepat, itu akan menjadi aneh dan lucu. Misalnya, seseorang mengatakan bahwa ia 150 derajat Celcius, tetapi yang lain mungkin tertawa ketika mendengar bahwa ia salah. Demikian juga kalimat bahwa suhu tubuh orang sehat biasanya 36 meter terdengar aneh.

Hasil pengukuran tidak harus dinyatakan dalam unit yang konsisten dengan keinginan kami dan item yang diperlukan. Sebagai contoh, panjang meja adalah 1,5 m, satuan cm, g adalah kilogram, dar diperlukan.

Sumber : https://rumusbilangan.com/