Cara menangani kyphosis berdasarkan jenis

Kyphosis adalah kelainan pada tulang belakang yang menyebabkan pembengkokan tulang sehingga tubuh tertekuk dan terasa tidak nyaman. Agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari, ada beberapa cara untuk mengatasi kyphosis.

Cara menangani kyphosis berdasarkan jenis
Berikut adalah beberapa latihan yang dapat dilakukan untuk memperbaiki postur melengkung.
Tulang belakang terdiri dari tumpukan tulang yang saling terhubung oleh bantalan yang fleksibel.

Cara menangani kyphosis berdasarkan jenis

Struktur tulang belakang yang unik memungkinkan tubuh bergerak bebas. Namun, struktur ini juga rentan terhadap kerusakan.

Kyphosis terjadi ketika tulang belakang melengkung melebihi batas normal dan membuat tubuh pasien tampak bengkok.

Sebelum mengetahui cara mengatasinya, ada baiknya Anda mengetahui jenis-jenis kyphosis berikut berdasarkan penyebabnya.

1. Kyphosis postural
Kyphosis postural adalah jenis kyphosis yang paling umum, terutama pada remaja.

Postur yang salah dapat mempengaruhi perkembangan tulang belakang dan otot-otot di sekitarnya. Akhirnya, kurva tulang belakang menyebabkan kyphosis.

Cara menangani kyphosis postural biasanya cukup sederhana, khususnya dengan memperbaiki postur pasien. Sebagian besar kasus kyphosis postural bahkan dapat menyelesaikan sendiri.

2. Scheuermann cyphoses
sakit punggung pada anak-anak
Kyphosis scheuermann disebabkan oleh kelainan bentuk tulang belakang. Kondisi ini umumnya terjadi pada anak-anak dan remaja.

Efek dari jenis kyphosis ini biasanya bisa lebih parah daripada kyphosis postural.

Penatalaksanaan jenis kyphosis ini harus diatur sesuai dengan berbagai faktor. Ini termasuk usia, jenis kelamin, keparahan lengkungan tulang belakang dan fleksibilitasnya.

3. Kyphosis bawaan
Kyphosis bawaan biasanya ada sejak anak lahir. Alasan perkembangan tulang belakang terhambat selama janin di dalam rahim.

Seiring pertumbuhan anak, lekukan tulang belakang bisa bertambah buruk.

Cara paling efektif untuk mengatasi kyphosis bawaan adalah melalui operasi. Prosedur pembedahan akan memperbaiki struktur tulang sehingga pertumbuhan tubuh anak kembali normal.

Cara menangani kyphosis berdasarkan gravitasi
Manfaat Pilates meningkatkan postur
Dokter perlu tahu terlebih dahulu jenis kyphosis apa yang dialami oleh pasien. Selanjutnya, langkah-langkah terapi baru dapat diterapkan berdasarkan tingkat keparahan.

Berikut ini beberapa cara atau metode yang dapat dilakukan untuk menangani kyphosis:

1. Olahraga disertai dengan konsumsi obat penghilang rasa sakit
Kyphosis postural ringan dapat diobati dengan olahraga, postur tubuh yang lebih baik dan fisioterapi. Selain memperbaiki bentuk tulang belakang, metode ini juga berguna untuk menguatkan otot punggung.

Kelengkungan pada tulang belakang menyebabkan distribusi berat badan yang tidak teratur. Akibatnya, mereka yang menderita kyphosis sering menderita sakit punggung.

Keluhan ini dapat diatasi dengan obat penghilang rasa sakit, tetapi Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu.

2. Penggunaan dukungan punggung
penyempitan vertebra serviks
Metode ini efektif dalam mengatasi kyphosis Scheuermann pada anak-anak dan remaja. Penjepit belakang memungkinkan tulang belakang tumbuh sambil mempertahankan bentuknya sehingga tidak bengkok.

Anak-anak harus menggunakan dukungan punggung sampai tulang belakang berhenti tumbuh, pada usia 14-15.

Alat ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada penggunaan pertama, tetapi anak-anak masih dapat menjalani aktivitas mereka.

3. Operasi
Pembedahan biasanya dilakukan hanya untuk mengatasi kasus-kasus kyphosis, yang sangat serius.

Misalnya, jika kyphosis menyebabkan nyeri persisten, itu mengganggu pernapasan dan sistem saraf, cenderung memburuk atau bawaan.

Posisi tulang belakang melengkung akan diperbaiki oleh jeruji besi, kait dan sekrup. Namun, prosedur ini memiliki risiko komplikasi yang tinggi, sehingga hanya disarankan dalam beberapa kasus.

Kyphosis ringan sebenarnya dapat dicegah sesegera mungkin dengan mempertahankan postur yang benar. Jadikan kebiasaan sehingga tulang belakang tumbuh dalam posisi normal.

Jika kyphosis adalah bawaan, orang tua harus secara aktif memantau perkembangan tulang belakang anak. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk menentukan cara paling efektif untuk mengatasi kyphosis.

Baca juga: