Deskripsi Ikan Guppy

Deskripsi Ikan Guppy

Ikan gapi memiliki nilai ekonomis tinggi karena variasi warna yang dimilikinya menarik dan bentuk sirip yang beragam, pemeliharaan dan pemijahan mudah, serta tidak terlalu berpengaruh pada perubahan temperatur dan kualitar air lainnya. Saat ini terdapat sekitar 30 jenis ikan gapi berdasarkan pola warna dan bentuk siripnya, yang sebagian besar merupakan komoditi ekspor.
Dari penampakan morfologis, ikan gapi jantan memiliki bentuk dan corak warna tubuh lebih menarik dan cemerlang daripada ikan betinanya. Ikan gapi memiliki kemampuan berkembang biak yang cepat sehingga harus segera dipisahkan agar tidak terjadi perkawinan pada usia muda yang dapat menurunkan kualitas dan kuantitas anak yang dihasilkan.
Ikan gapi bersifat ovovivipar, yaitu pembuahan terjadi di dalam tubuh, embrio disimpan dan terus berkembang dalam tubuh induk, akan dilahirkan sebagai anak setelah kurang lebih 20 hari masa kehamilan. Ikan betina mampu menyimpan sperma dalam tubuhnya sehingga dari satu kali perkawinan dapat melahirkan sampai tiga kali dengan jarak waktu antar kehamilan 7-43 hari, dengan selang waktu antara melahirkan anak dengan pemisahan induk betina dari jantannya berkisar 16-35 hari.

3. Ciri – Ciri Tubuh
Ikan guppy jantan

Ikan guppy betina

Ikan guppy tergolong bertubuh kecil, panjang tubuh hanya bisa mencapai 7 cm untuk betina, dan jantan panjang tubuh bisa mencapai 3,75 cm. Warna dasar tubuh guppy yang asli berwarna kecoklatan,dengan variasi warna sisik seperti pelangi.Keindahan guppy yang menarik terdapat pada ekornya, sirip ekor lebar dengan ciri warna yang bervariasiyang menyolok dengan bentangan mirip ekor burung merak, goyangan ekornya memang sangat mempesona.
Ikan jantan warna tubuhnya lebih menarik dibandingkan betinanya, sehingga guppy jantan di pasaran banyak dicaripenggemar ikan hias dengan warna terjangkau.

Sumber :

https://compatibleone.org/instagram-tambah-fitur-edit-foto-kiriman-di-dm/