Dewan Perwakilan Daerah (DPD)

Dewan Perwakilan Daerah (DPD)

Dewan Perwakilan Daerah (DPD)
Dewan Perwakilan Daerah (DPD)

 

Dewan Perwakilan Daerah (DPD) adalah

lembaga perwakilan rakyat yang anggotanya mewakili setiap daerah (provinsi). Anggota DPD dipilih melalui pemilihan umum. Anggota Dewan Perwakilan Daerah dari setiap provinsi jumlahnya sama. Jumlah seluruh anggota Dewan Perwakilan Daerah tidak lebih dari sepertiga jumlah anggota DPR. Dewan Perwakilan Daerah bersidang sedikitnya satu tahun.

Mengenai masalah kewenangan DPD diatur dalam Pasal 22 UUD 1945, yaitu sebagai berikut.

  • Dewan Perwakilan Daerah dapat mengajukan kepada DPR rancangan undang-undang yang berkaitan dengan otonomi daerah, hubungan pusat dan daerah, pembentukan dan pemekaran serta pengabungan daerah, pengelolaan sumber daya alam dan sumber daya ekonomi lainnya, serta yang berkaitan dengan perkembangan keuangan pusat dan daerah.
  • Dewan Perwakilan Daerah ikut membuat rancangan undang-undang yang berkaitan dengan otonomi daerah, hubungan pusat dan daerah, pembentukan pemekaran dan penggabungan daerah, pengelolaan sumber daya alam dan sumber daya ekonomi lainnya, serta pertim bangan kepada DPR atas rancangan undang-undang anggaran pendapatan dan belanja negara dan rancangan undang-undang yang berkaitan pajak, pendidikan, dan agama.

Dewan Perwakilan Daerah dapat melakukan pengawasan

atas pelaksanaan undang-undang mengenai otonomi daerah, pem-bentukan, pemekaran, dan penggabungan daerah, hubungan pusat dan daerah, pengelolaan sumber daya alam dan sumber daya ekonomi lainnya, pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja negara, pajak, pendidikan, dan agama serta penyampaian hasil pengawasannya itu kepada DPR sebagai bahan perimbangan untuk ditindaklanjuti.

Selain lembaga-lembaga tinggi tersebut

sebagai pelaksanaan kedaulatan rakyat, di daerah juga terdapat lembaga perwakilan yaitu Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) sebagai cerminan pelaksanaan kedaulatan rakyat di daerah. Anggota-anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dipilih melalui pemilihan umum. DPRD adalah lembaga yang menampung seluruh aspirasi rakyat di daerah.

Baca Juga :