Gerak Lurus Beraturan dan Berubah Beraturan

Gerak Lurus Beraturan dan Berubah Beraturan

Gerak Lurus Beraturan dan Berubah Beraturan

Gerak Lurus Beraturan dan Berubah Beraturan
Gerak Lurus Beraturan dan Berubah Beraturan

Gerak Lurus Beraturan

 Gerak lurus beraturan (GLB) adalah gerak suatu benda pada lintasan yang lurus di mana pada setiap selang waktu yang sama, benda tersebut menempuh jarak yang sama (gerak suatu benda pada lintasan yang lurus dengan kelajuan tetap).

Gerak Lurus Berubah Beraturan

Pernahkah kamu http://bpbd.lampungprov.go.id/blog/contoh-teks-ulasan/ memerhatikan mobil berjalan yang akan berhenti atau sedang mulai berjalan? Bagaimanakah kecepatannya?

Tentu kecepatannya tidak selalu tetap atau mengalami perubahan. Gerak mobil tersebut merupakan contoh gerak lurus berbah beraturan.

Percepatan

Sebuah mobil yang baru mulai berjalan kecepatannya semakin lama semakin besar. Sedangkan mobil yang akan berhenti pasti melakukan pengereman sehingga semakin lambat (kecepatannya semakin kecil). Percepatan didefinisikan sebagai perubahan kecepatan tiap waktu.

Perubahan kecepatan adalah selisih antara kecepatan akhir dan kecepatan awal.Secara matematis, persamaan percepatan dapat didefinisikan sebagai berikut.

Contoh

1. Tiga buah pesawat (A, B, dan C) mula-mula bergerak dengan kecepatan yang sama 20 m/s. Setelah 1 sekon pesawat A bergerak dengan kecepatan 30 m/s, pesawat B bergerak dengan kecepatan 50 m/s, dan pesawat C bergerak dengan kecepatan 40 m/s. Tentukanlah besar percepatan masingmasing pesawat!

Gerak Lurus Berubah Beraturan

Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) adalah gerak suatu benda yang menempuh lintasan lurus dan mengalami perubahan kecepatan yang sama setiap sekonnya atau mengalami percepatan yang sama.

Percepatan, Gerak Lurus Berubah Beraturan.Gerak Lurus, Pengertian Gerak, Pengertian Gerak Lurus, Besaran-Besaran dalam Gerak Lurus, gerak lurus beraturan, gerak pada tumbuhan, gerak, glbb, gerak jatuh bebas, gerak semu matahari, refleks, gerak refleks, gerak melingkar, contoh gerak endonom, macam macam gerak pada tumbuhan, pengertian gerak lurus beraturan, contoh gerak lurus, higroskopis, gerak endonom, macam macam gerak, gerak nasti, gerak benda, definisi gerak, pengertian gerak melingkar, gerak tropisme, contoh gerak lurus beraturan, gerak melingkar berubah beraturan, materi gerak lurus, gerak higroskopis, gerak vertikal, gerak taksis, kinematika gerak lurus, lurus, contoh gerak tropisme.