Hormon Pada Manusia : Pengertian Dan Fungsinya

hormon pada manusia

Memahami Hormon Manusia

Hormon yang ada pada orang tanpa sadar memainkan peran penting, dan faktanya, ada beberapa hormon dalam tubuh manusia yang akan dijelaskan di bawah ini. Hormon adalah hasil dari bahan kimia di organ tubuh manusia. Zat kimia ini berasal dari kelenjar endokrin, yang berguna dalam membantu memicu fungsi Ogan dalam tubuh.

Hormon secara otomatis diproduksi oleh tubuh, yang bertindak sebagai penguat untuk pergerakan organ dalam tubuh dan sebagai proses pertumbuhan, reproduksi, metabolisme, imunitas, serta pengembangan pola hidup manusia.

Jenis dan fungsi hormon pada manusia

Hormon pada manusia sangat beragam dan memiliki tanggung jawab sendiri, yang akan dijelaskan sebagai berikut:

1. Adiponectin (Acrp30)

Fungsinya untuk mengendalikan proses metabolisme tertentu, seperti pengaturan glukosa dan katabolisme lipid, kemudian membantu dalam pencegahan penyakit seperti aterosklerosis, obesitas, penyakit hati berlemak non-alkohol (NAFLD), diabetes tipe 2, dll.

2. Aldesterone (hormon steroid)

Hormon ini memiliki fungsi yang merangsang reabsorpsi natrium di ginjal, dan dapat meningkatkan volume darah, sehingga pelepasan kalium dan hidrogen dapat melewati ginjal. Ini juga membantu meningkatkan retensi air dan meningkatkan tekanan darah.

3. Androstenedione (4-androstenedione dan 17-ketoestosterone)

Berfungsi sebagai pendorong produksi estrogen dalam sel granulosa, menyediakan substrat androstenedion.

4. Hormon antidiuretik (ADH) (vasopresionargininvasopresin)

Berfungsi untuk melepaskan ACTH di kelenjar hipofisis anterior, dapat menyebabkan vasokonstriksi ke tingkat menengah, serta menyebabkan retensi air di ginjal.

5. Angipstensinogen dan angiostensin (AGT)
Ini memiliki fungsi menghilangkan aldosteron dari dipogen korteks adrenal, dan dapat menyebabkan vasokonstriksi atau penyempitan pembuluh darah.

6. Hormon adrenokortikotropik (ACTH)

Di poros hipotalamus adalah komponen – kelenjar hipofisis antofisis-adrenal. Fungsinya untuk meningkatkan penyerapan lipoprotein oleh sel-sel kortikal sehingga ada lebih banyak kolesterol, yang berguna untuk memproduksi sel-sel korteks adrenal.

Dapat merangsang transportasi kolesterol dalam mitokondria dan dapat merangsang hidrolisis. Ini juga dapat memainkan peran dalam sintesis dan sekresi glukosa, serta meneralokortikosteroid dan steroid androgenik.

7. Antimulleryangormone (AMG)

Suatu jenis protein, juga dikenal sebagai inhibitor Mullerian (IMF), hadir di testis. Ini berfungsi untuk membatasi sekresi prolaktin dan TRH dari kelenjar hipofisis anterior dan dapat menghambat perkembangan saluran Mueller di dalam rahim

Sumbernya :