Hubungan Publikasi dengan Brand Awareness

Hubungan Publikasi dengan Brand Awareness

Hubungan Publikasi dengan Brand Awareness

Hubungan Publikasi dengan Brand Awareness

Setelah penulis menentukan topik

dan bahasan apa yang akan ditelitinya sehubungan dengan ini yang akan diteliti oleh penulis adalah apakah ada hubungan antara kegiatan publikasi jalur destinasi wisata pesisir yang dilakukan oleh Sudin KOMINFOMAS Jakarta Utara dengan tingkat awareness wisatawan terhadap Pelabuhan Sunda Kelapa. Maka penulis mencari referensi dari penelitian atau jurnal penelitian sebelumnya yang pernah membahas hal serupa.

Seperti penelitian yang pernah dilakukan oleh Nico Rondonuwu (2008:54) terbitan ISJD LIPI dengan judul Peranan Humas Dalam Rangka Promosi Pariwisata Kota Manado dikatakan bahwa hasil dari penelitiannya menyatakan bahwa kegiatan humas dalam mempromosikan pariwisata kota Manado memang mempunyai peran tertutama dalam membangkitkan perhatian (attention), kemudian menimbulkan minat (interest) sehingga timbul rasa ingin tahu dari wisatawan yang meningkat pada kebutuhan atau keinginan (desire).

Penelitian diatas menggunakan teori AIDCA (Attention, Interest, Desire, Conviction, Action) seperti yang dikemukakan oleh Kasali (1995:83). Dalam kaitannya dengan penelitian yang dilakukan model AIDCA dapat menjelaskan bahwa kegiatan humas dalam mempromosikan pariwisata kota Manado bisa membangkitkan perhatian wisatawan (attention) dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat menimbulkan daya tarik bagi pengunjung. Kegiatan dari humas harus bisa menimbulkan keinginan para wisatawan untuk datang ke kota Manado (interest). Langkah selanjutnya adalah menimbulkan rasa kepercayaan (conviction). Dalam hal ini kegiatan promosi pariwisata kota Manado kejujuran dan keamanan merupakan faktor penunjang untuk tingkat kepercayaan, yang terakhir adalah tindakan (action) untuk berkunjung ke kota Manado. Teori yang digunakan diatas menghasilkan hasil penelitian seperti yang dikatakan sebelumnya. Dari penelitian sebelumnya penulis menarik kesimpulan bahwa memang ada pengaruhnya kegiatan humas untuk meningkatkan perhatian masyarakat. Dalam penelitian yang akan penulis teliti kali ini yaitu kegiatan publikasi dimana kegiatan tersebut masuk kedalam salah satu kegiatan humas.

Maka dari itu penulis ingin membuktikan lewat penelitian yang akan dilakukannya apakah publikasi yang dilakukan oleh Sudin KOMINFOMAS dapat meningkat awareness wisatawan terhadap Pelabuhan Sunda Kelapa. Dimana sebelumnya telah dikatakan bahwa publikasi merupakan salah satu kegiatan humas dan publikasi juga merupakan salah satu bentuk kegiatan promosi.


Baca Juga :