IDE BERMAIN DAN BELAJAR UNTUK STIMULASI ANAK

IDE BERMAIN DAN BELAJAR UNTUK STIMULASI ANAK

Bermain adalah kegiatan supaya anak-anak bisa tumbuh guna mengembangkan keterampilan intelegensi dan emosionalnya. Ketika bermain, si Kecil bertemu dengan teman-temannya. Kemudian, ia melatih keterampilan saling berbagi mainan, berempati dan punya rasa peduli saat ada rekan menangis sebab terjatuh.

Sekalipun bermain ialah dunia anak-anak, peran orang tua ternyata paling dibutuhkan supaya mereka bisa bermain dan belajar dengan aman dan terarah dengan baik. Berikut ini sejumlah ide kreatif yang dapat ibu lakukan bareng si Kecil di lokasi tinggal ya:

Stimulasi yang Bisa Ibu Berikan Bagi Menumbuhkan si Kecil Menjadi Anak Hebat yang kreatif:

Menyusun balok kayu/lego: Belajar menganalisis

Anak bermain merangkai menara dari balok-balok kayu/lego. Setelah menara berdiri tegak, anak mengupayakan mengambil satu buah balok sampai menara goyah dan runtuh. Anak mencoba membina kembali menara dan memungut satu buah balok kayu lagi. Hingga berulang-ulang. Dengan permainan ini anak bakal belajar menganalisa dan menggali jawaban atas percobaan andai satu balok penyusun dipungut maka menara tidak bakal stabil dan roboh. Anak akan mengupayakan sebab-akibat.

Bermain secara berkolompok: Membangun kemampuan sosial

Selama bermain bareng dengan teman-temannya, si Kecil bakal menyadari bahwa temannya juga dapat protes andai mainannya dipungut atau menangis sebab berebut mainan. Mulai dari urusan ini, anak bakal belajar guna saling berbagi mainan, mengantri ketika bergantian mengupayakan mainan, saling menghormati, menantikan giliran dan sebagainya.

Bermain peran: Mengolah perasaan

Sebagai contoh, saat anak fobia ke dokter. Ibu dapat menyuruh anak bermain sebagai dokter yang sedang mengecek pasien. Anak bakal belajar bahwa ke dokter tersebut bukan urusan yang menakutkan, ia belajar kondisi dan mengubah perasaan guna menghadapi ketakutannya.

Bernyanyi dan berbicara saat bermain: Melatih keterampilan bahasa

Permainan anak-anak biasanya diselingi lagu-lagu dengan lirik yang bernada ceria. Termasuk saat anak berbicara berulang-ulang sekitar bermain “Ayo, anda meloncat…” atau “Aku inginkan naik, lantas turun…” ucapan-ucapan yang diulang bakal mempercepat pertumbuhan bahasa dan kosa kata si Kecil.

Merangsang kreativitas

Dengan bermain, akan menolong mengembangkan khayalan sehingga si Kecil tumbuh menjadi anak hebat dan kreatif. Membangun menara di kotak pasir dengan benteng tinggi, membina rumah dari kotak kardus bekas, bermain masak-masakan dengan sekian banyak alat masak mainan, dan sebagainya.

Bermain ialah hak anak-anak. Ketika ia bermain, sebetulnya anak pun sedang belajar mengenai dirinya dan dunia sekitarnya.

Sumber : http://www.dotnames.com/www.pelajaran.co.id/