Indonesia Jaya

Indonesia Jaya

Indonesia Jaya

Indonesia Jaya
Indonesia Jaya

Sebuah Goresan Perasaan Setelah Membaca Buku
* Judul buku yang ditulis oleh Anand Krishna

Mungkin kita sudah bosan membaca sejarah bangsa kita, karena buku sejarah yang banyak bertebaran di pasaran selalu saja hanya bertendensi menghadirkan sejarah secara apa adanya. Sejarah untuk sejarah itu sendiri. Setelah baca buku sejarah, kebanyakan kita biasanya mengantuk karena bosan. Apalagi jika penulisan buku sejarah tersebut berpretensi untuk tujuan kelompok atau politik tertentu.

Namun, ada sesuatu yang lain yang saya rasakan saat membaca Indonesia Jaya yang ditulis oleh Anand Krishna. Membaca buku tersebut, kita seakan dicerabut dari keterpurukan dan kepesimisan serta rendah diri yang melanda sebagian besar bangsa kita saat ini. Kita seolah dipaksa melongok kedalam kabut tebal rasa minder bangsa untuk melihat akar sejarah kita yang gilang gemilang.

Susah juga rasanya untuk melepaskan diri dari kenyamanan hidup yang memanjakan kita dengan sikap suka menyalahkan keadaan tanpa berusaha membuat sebuah perbedaan. Sikap-sikap yang membuat kita semakin kerdil sebagai pribadi maupun bangsa. Oleh Anand Krishna, satu demi satu bukti-bukti ilmiah historisitas bangsa disodorkan ke bawah hidung kita untuk kita hirup aromannya yang apak karena tersembunyi begitu lama di kolong sejarah. Ia menguakkan buat kita, kabut pekat kegemilangan anak-anak Nusantara dalam pergaulannya dengan anak semua bangsa.

Ditunjukkanlah pada kita oleh penulis bahwa bangsa kita adalah bangsa yang besar, bangsa yang sudah mampu menyejajarkan dirinya dan dengan penuh percaya diri bergaul dengan bangsa-bangsa lain secara sederajat. Bahkan bangsa kita tercatat telah mampu menjadi pelopor di sektor pendidikan dan kebudayaan jaman hindu.

Lay out dan content buku ini diperkaya dengan kutipan berbagai tulisan para tokoh era awal Indonesia modern mengenai kebesaran bangsanya serta impian mereka akan bangsa ini di masa depan di setiap halaman. Semua kutipan ini membuat gelora kecintaan terhadap tanah air yang telah lama meredup diterpa berbagai kebusukan politik tanah air kembali berkobar. Hal ini juga membuat hasrat untuk melakukan sesuatu yang hampir-hampir padam tersulut kembali.

Tulisan ini bukanlah resensi buku, tulisan ini hanya dimaksudkan untuk merekam perasaan-perasaan hati dan debar-debur yang terjadi di dalam dada kami saat membaca buku tersebut. Dan seperti yang dituliskan oleh Anand Krishna dalam bukunya tersebut :

Sumber : https://belinda-carlisle.com/puzzle-horror-apk/