Jangan Lakukan 8 Hal Ini di Kebun Binatang

Jangan Lakukan 8 Hal Ini di Kebun Binatang

tidak cuma manusia yang memiliki hak asasi, hewan juga rupanya memiliki hak asasi. Hak asasi hewan ini dikenal juga dengan Hak Kebebasan Satwa. Memangnya, hewan memiliki Hak Kebebasan apa ya? Berikut ini adalah 5 Kebebasan Satwa yang perlu dipahami: (1) bebas rasa lapar dan haus; (2) bebas rasa tidak nyaman; (3) bebas dari sakit dan luka; (4) bebas berperilaku liar alami, dan; (5) bebas rasa cemas dan stres. Hewan memiliki banyak fungsi bagi kehidupan sehingga perlu untuk kami jaga.

Nah, konsisten siapa di sini yang puas pergi ke kebun binatang? Pernah dengar berita perihal pengunjung kebun binatang yang memberikan rokok ke satwa? Atau memberikan miras ke rusa? Itu tingkah laku yang terlampau nggak bertanggung jawab. So, biar kamu menjadi pengunjung bertanggung jawab disimak yuk 8 perihal yang mutlak untuk tidak kamu lakukan di kebun binatang!

1. Jangan masuk ke didalam kandang

Kejadian Harambe ini merupakan bukti nyata pentingnya pengawasan orang tua pada anak-anak kala di kebun binatang. Untuk anak-anak, entah kamu penasaran mengidamkan melihat belalai gajah lebih dekat atau sekadar mengidamkan meluk panda karena gemas, pokoknya jangan sampai masuk ke didalam kandangnya dan tetaplah jaga jarak safe dengan satwa. Selain perihal itu bakal mengakibatkan satwa kaget, perihal itu juga berbahaya bagi keselamatanmu.

2. Jangan berikan makan/minum pada satwa

Salah satu pengunjung Taman Safari Bogor yang berikan miras pada satwa. (Sumber: hipwee.com)

Sangatlah berbahaya berikan makan/minum pada satwa kebun binatang. Mereka mempunyai diet khusus, mereka juga dapat tertular penyakit manusia yang berasal dari makanan yang kamu berikan, dapat juga mengakibatkan mereka mengalami obesitas, yang dapat mengakibatkan kematian bagi satwa.

3. Jangan mengganggu satwa

Kebun binatang dan daerah konservasi hewan itu bertujuan sebagai daerah kamu belajar perihal binatang, dan bukan sehingga kamu dapat mengganggu dan menjahili hewan-hewan tersebut. Jadi jangan melemparkan barang, mengetuk-ngetuk kaca kandang, atau teriak-teriak memanggil satwa kebun binatang.

4. Jangan buang sampah sembarangan

Membuang sampah sembarangan di kebun binatang bakal mengakibatkan lingkungan kotor dan membahayakan, lebih-lebih jika membuangnya ke didalam kandang satwa. Pengunjung yang jahil pun lebih-lebih tersedia yang berikan makanan berkemasan pada hewan, perihal ini sangatlah berbahaya. Pada th. 2012, ditemukan gumpalan plastik seberat 20 kilogram didalam perut jerapah jantan yang mati di Kebun Binatang Surabaya.

5. Ribut atau memutar musik

Saat kunjungan di kebun binatang ramai, ketenangan barangkali susah diredam, padahal itu sesuatu yang mutlak bagi sebagian besar hewan. Beberapa hewan terlampau ringan stres jika dikagetkan dengan suara yang keras atau ribut. Stres yang berkelanjutan bakal mengakibatkan tingkah laku hewan berubah lebih-lebih dapat mengakibatkan kematian.

6. Jangan makan di dalam

Ingat ya, Squad, kebun binatang itu bukan daerah piknik. Jadi jangan sampai kamu ke kebun binatang dan malah gelar tikar dengan keluarga ya! Makanlah di daerah yang sebenarnya disajikan untuk makan dan jangan mengotori daerah tersebut. Bersihkan daerah daerah kamu makan sampai bersih dan jangan menyisakan sampah.

7. Jangan merokok

Beberapa kala yang lantas sempat viral video Orang utan merokok di Kebun Binatang Bandung, rupanya rokok selanjutnya diberikan oleh keliru seorang pengunjung dan kala ini sudah ditetapkan pihak kepolisian sebagai tersangka. Padahal jelas-jelas dikatakan bahwa dilarang merokok di didalam kebun binatang.

Asap rokok juga memiliki dampak tidak baik bagi hewan, seperti gangguan kesehatan, juga kanker hewan, kerusakan sel, dan kenaikan berat badan. So, sepanjang masih belum tersedia smoking daerah di kebun binatang, jangan merokok di didalam kebun binatang ya!

8. Patuhi ketentuan yang ada

Patuhi ketentuan yang berlaku di kebun binatang. Peraturan selanjutnya pasti dibikin sehingga satwa dan pengunjung kebun binatang sama-sama terasa safe dan nyaman. Jadi perlakukanlah hewan dengan baik, jangan diganggu, atau disakiti. Cukup dilihat, dikagumi, dipelajari.

Nah, itulah 8 perihal yang jangan kamu lakukan di kebun binatang ya, Squad! Sebagai makhluk hidup yang berakal budi dan hati nurani, sudah menjadi tugas kami untuk merawat kelestarian hewan. Hewan perlu kami jaga sehingga dapat hidup berdampingan dengan manusia secara safe dan tentram, menjadi bukan untuk dijadikan mainan dan hiburan. Ohya, kamu tahu nggak bahwa binatang itu memiliki Hak Kebebasan, lho? So, hargai juga kebebasan dan ketenang mereka ya.

Baca Juga :