Lagi, Ratusan Siswa SD Belajar di Lantai

Lagi, Ratusan Siswa SD Belajar di Lantai

Lagi, Ratusan Siswa SD Belajar di Lantai

Lagi, Ratusan Siswa SD Belajar di Lantai
Lagi, Ratusan Siswa SD Belajar di Lantai

 Sebanyak 153 dari 520 siswa SDN Jatimulya 09, di Kelurahan Jatimulya, belajar di lantai selama satu setengah tahun kebelakang. Hal itu disebabkan karena tiga dari delapan ruang kelas yang ada di sekolah tersebut tidak dilengkapi meja dan kursi.

Guru SDN 09 Jatimulya, Supono, menuturkan, kondisi tersebut terjadi pasca adanya

pembangunan ruang kelas baru (RKB) pada 2017 silam.

”Sudah satu tahun setengah lah anak-anak belajar harus ngedeprok, sebenarnya ironi juga. Namun yang terpenting bagi kami proses belajar mengajar masih tetap berjalan dengan maksimal,” katanya saat ditemui Radar Bekasi di SDN 09 Jatimulya, Senin (16/9).

Dia menjelaskan, di sekolah tersebut terdapat 19 rombongan belajar (rombel). Rinciannya, kelas I (satu) sampai kelas III (tiga) masing-masing empat rombel, kelas IV (empat) tiga rombel dan kelas V (lima) dan kelas VI (enam) masing-masing dua rombel. ”Untuk memaksimalkan pemanfaatan ruang kelas, anak anak dibagi menjadi pagi dan siang,” tuturnya.

Supono mengatakan, terdapat lima rombel yang belajar di lantai. Kelas pagi tiga

rombel dan siang dua rombel. ”Yang masuk pagi kelas empat C, lima A, dan empat A. Sedangkan yang masuk siang kelas lima B dan empat B,” katanya.

Pihaknya kini telah mendapatkan ratusan meja sekitar sepakan lalu. Namun, meja-meja tersebut belum digunakan karena belum dilakukan serah terima asset.

Selain itu, pihaknya juga belum menggunakan meja itu karena tak memiliki kursi. ”Sekitar seminggu lalu tiba meubelairnya, namun tidak lengkap hanya meja tanpa bangku,” tutupnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi, Carwinda,

menjelaskan, pemabangunan RKB dan pengadaan meubelair merupakan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bekasi. Namun, menurut dia, pengerjaan yang dilakukan dinas PUPR tidak maksimal. ”Jadi Dinas Pendidikan lagi yang menyelesaikan,” katanya saat dihubungi.

 

 

Baca Juga :