Macam – Macam Gangguan Sistem Pernapasan Pada Manusia

Gangguan Sistem Pernapasan Pada Manusia

Macam – Macam Gangguan Sistem Pernapasan Pada Manusia

Gangguan Sistem Pernapasan Pada Manusia
Gangguan Sistem Pernapasan Pada Manusia

Sistem pernapasan manusia dapat mengalami berbagai gangguan, gangguan tersebut dapat terjadi karena adanya kelainan sistem pernapasan atau akibat infeksi kuman. Berikut ini macam-macam gannguan sistem pernapasan pada manusia, diantaranya :

  1. Sesak napas atau asma

Asma terjadi akibat adanya penyempitan saluran pernapasan akibat otot polos pembentuk dinding saluran terus berkonsturuksi, disebabkan alergi atau kekurangan hormon adrenalin.

  1.  Tuberculosis (TBC)

TBC merupakan penyakit pari-paru yang diakibatkan infeksi bakteri Mycobacterium tubercolusa.

  1.  Influenza atau flu

Flu dapat terjadi karena adanya virus. Masa inkubasinya 2 hari dengan gejala demam, pegal linu, lesu, serta batuk pilek. Bila tidak ada komplikasi biasanya sembuh dalam waktu 3-5 hari.

  1.  Bronkitis

Bronkitis merupakan peradangan pada cabang tenggorokan karena infeksi mikroorganisme setelah influenza atau salesma. Serangan bronkitis berulang bisa terjadi pada seorang perokok dan penderita penyakit paru-paru serta saluran pernapasan menahun.

  1.  Kanker Paru-paru

Kanker paru-paru ialah penyakit paru-paru yang menjalas ke seluruh tubuh, sehingga pertukarab gas pada gelembung paru-paru terganggu. Penyakit ini disebabkan oleh polusi udara seperti, debu, asap kendaraan dan lain sebagainya.

  1.  Salesma

Penyebab salesma ialah virus yang menginveksi saluran pernafasan. Masa inkubasi antara 1-3 hari yang ditandai dengan gejala berupa lesu, sakit tenggorokan serta suhu tubuh tidak normal. Penularan dapat terjadi melalui udara serta kontak langsung dengan hidung.

  1.  Pleuritis merupakan infeksi di selaput paru-paru.
  1.  Pneumonia

Pneumonia ialah penyakit yang menyerang alveolus. Radang paru-paru ( pneumonia) merupakan sebuah penyakit di paru-paru karena pulmonari alveolus (alveoli) yang bertanggung jawab menyerap oksigen dari atmosfer meradang dan terisi oleh cairan.

  1.  Asidosis ialah gangguan pernapasan karena ada kenaikan kadar asam karbonat dan asam bikarbonat dalam darah. Asidosis Tubulus Ranalis (ATR) atau Renal Tubular Acidosis (RTA) ialah suatu penyakit ginjal (renal), khususnya dibagian tubulus renalisnya.
  1. Difteri terjadi karena infeksi dari kuman difteri sehingga rongga faring maupun laring tersumbat lendir.

Diferi adalah penyakit yang terjadi akibat bakteri yang bersumber dari Corynebacterium diphtheriae (C. Diphtheriae). Penyakit ini menyerang bagian atas mukosa saluran pernapasan dan kulit yang terluka.

  1. Sinusitis adalah radang dalam sinus sehingga terrkumpul nanah. Sinuisis harus dibuang melalui jalur operasi.
  1. Rinitis merupakan radang rongga hidung karena virus ata cuaca.
  1. Faringitis merupakan radang tenggorokan karena infeksi dari bakteri Steptococcus sp.
  1. Laringitis merupakan radang dilaring sehingga tidak dapat bicara atau suara hilang. Penyebab laringitis ialah banyak merokok, minum alkohol, berteriak-teriak atau banyak bicara.

Demikianlah penjelasan mengenai Macam-macam Gangguang Sistem Pernapasan Pada Manusia, semoga bisa bermanfaat untuk sobat blogger.

Jangan lupa tinggalkan komentar jika postingan ini bermanfaat untuk sobat blogger. Terima Kasih.

 

Sumber : Materi pendamping Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu karya CV. Difa Pustaka

 

Baca Juga : https://www.gurupendidikan.co.id/kingdom-animalia/