Manfaat Mengkonsumsi Buah Mangga

manfaat buah mangga

Manfaat Buah Mangga

1. Menjaga kesehatan rambut dan kulit

Pada hewan percobaan, kekurangan vitamin A mengancam kerontokan rambut yang parah. Vitamin A tentunya bahan penting untuk bisa menjaga kesehatan pada jaringan epitel dan juga melembabkan kulit dan rambut.

Selain itu, makan satu porsi buah kuning dapat menyediakan sekitar 75% vitamin C harian tubuh Anda.

Kombinasi vitamin A dan C diperlukan tubuh untuk memproduksi kolagen. Kolagen adalah protein khusus yang mencegah dan menjaga elastisitas kulit untuk mencegah timbulnya kerutan dini.

2- Menurunkan tekanan darah

Makan makanan manis seringkali menyebabkan gula darah tinggi. Setelah tim peneliti di Oklahoma State University mempelajari efek mangga pada orang gemuk, tingkat darah mereka turun secara signifikan dibandingkan sebelum mereka mulai.

Peserta diminta makan 10 gram mangga kering hari itu. Ini mengandung sekitar setengah gula mangga segar.

Hiperglikemia diduga disebabkan bahan aktif dan antioksidan khusus dalam buah.

3. Menjaga kesehatan mata

Lutein dan zaxanthin adalah dua antioksidan terkaya di mangga. Keduanya dikatakan membantu melindungi fungsi retinal dan lensa mata.

Fungsi retinal dan lensa yang tepat meningkatkan penglihatan, mengurangi efek radiasi yang tidak menyenangkan, dan mengurangi waktu yang dibutuhkan cahaya untuk masuk dan pulih.

Lutein dan zeaxanthin juga melindungi mata dari sinar UV yang berbahaya, menunda timbulnya katarak dan risiko degenerasi makula.

4- Mencegah kanker

Studi oleh Texas Agrilif Research telah menunjukkan bahwa ekstrak polifenol mangga dapat mencegah pembentukan sel kanker di usus besar, payudara, paru-paru, leukemia dan jaringan prostat. Buah ini terbukti efektif mencegah terjadinya risiko kanker pada payudara dan juga usus besar.

Antioksidan anti kanker juga telah ditemukan di kulit. Menurut sebuah penelitian di Malaysia, kulit mangga mengandung polifenol, karotenoid, serat makanan, vitamin C, vitamin E dan bahan aktif lain yang bisa menjadi obat antikanker yang lebih efektif daripada daging buahnya sendiri. Saya.

5. Meringankan sembelit

Sebuah penelitian terhadap penderita sembelit kronis menemukan bahwa mengonsumsi buah ini ternyata lebih bermanfaat daripada mengonsumsi makanan berserat seperti oat.

Penting untuk dicatat bahwa mangga adalah makanan pokok dalam FODMAP. Ini adalah diet yang mencegah gas dan makanan yang dapat menyebabkan kembung pada penderita IBS.

6. Membantu mencegah penyakit jantung

Serat, potasium, dan vitamin dalam buah ini telah lama dikenal dapat mencegah penyakit jantung dan masalah. Ini karena peningkatan kadar kalium yang dikonsumsi sebanding dengan penurunan kadar natrium dalam tubuh.

Oleh karena itu, mengonsumsi buah manis ini dalam sehari mungkin sudah cukup untuk menurunkan risiko penyakit jantung.

7. Membantu menurunkan berat badan

Menghindari terlalu banyak mangga akan membantu Anda menurunkan berat badan. Krim kuning ini berisi mesin faks yang berfungsi sebagai teh alami.

Otot, di sisi lain, kaya serat dan bisa menyebabkan pembengkakan jangka panjang. Jika Anda makan buah dan sayuran berserat tinggi, Anda tidak akan kelaparan. Oleh karena itu, makan makanan berserat tinggi mencegah makan berlebihan, yang sebenarnya dapat mempersulit penurunan berat badan.

Manfaat lainnya

manfaat buah mangga

1. Hindari jerawat

Manfaat mangga yang pertama adalah dapat mencegah timbulnya jerawat. Mengoleskan pasta mangga pada kulit membantu membersihkan pori-pori serta mencegah timbulnya jerawat dan jerawat. Ekstrak mangga membantu menjaga kesehatan kulit dengan membersihkan semua bakteri di kulit.

Selain itu, mango butter merupakan krim yang bagus untuk kulit sensitif. Mentega mangga dengan minyak ekstra leleh bermanfaat untuk penyembuhan luka dan menutrisi kulit untuk kulit berminyak.

2. Kulit sehat

Mangga kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan, yang membuatnya sangat bergizi. Selain menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan kesehatan kulit, Anda juga akan menemukan vitamin C, A, B6, E, K, beta-karoten, magnesium, dan lainnya.

3. Meredakan iritasi kulit

Mangiferin, ditemukan dalam biji dan kulit mangga, merupakan antioksidan yang sangat kuat. Antioksidan ini membantu meredakan peradangan yang disebabkan oleh jerawat dan penyakit kulit inflamasi lainnya.

4- Mempromosikan pembentukan kolagen

Vitamin A dan C membantu menjaga sistem kekebalan tubuh dengan memproduksi protein kolagen. Protein kolagen adalah rantai asam amino yang menyusun jaringan ikat tubuh.

5. AHA membunuh sel kulit mati

Mango Alpha Hydroxy Acid atau AHA adalah bahan kimia pengelupas alami untuk kulit Anda. Zat ini menghilangkan rasa manis dan keringnya kulit, membuatnya lebih segar dan sehat.

6. Mencegah kanker

Mangga mengandung banyak pektin. Ini adalah serat larut yang secara efektif membantu menurunkan kolesterol darah. Pektin juga membantu mencegah kanker prostat. Penelitian oleh Food Research Institute telah menunjukkan bahwa senyawa pektin mengikat protein galaktin 3, yang memainkan peran kunci dalam semua stadium kanker. European Cancer Study juga mencari hubungan kuat antara makan mangga dan mengurangi risiko kanker saluran cerna.

7. Penambahan berat badan

Makan mangga adalah salah satu cara termudah untuk menurunkan berat badan. 150 gram mangga memiliki sekitar 86 kalori dan mudah diserap tubuh. Selain itu, mereka mengandung pati, yang diubah menjadi gula dan membantu penambahan berat badan. Susu mangga juga mengandung susu, yang mempercepat proses penambahan berat badan.

8- Mengatasi masalah pencernaan

Produk mangga berperan penting dalam menghilangkan masalah seperti gangguan pencernaan dan teguran berlebihan. Enzim pencernaan ini membantu meningkatkan pencernaan alami yang efisien. Aktivator bioaktif dalam mangga seperti ester, terpene dan aldehida meningkatkan nafsu makan dan meningkatkan fungsi gastrointestinal.

9. Obati anemia

Mangga kaya akan zat besi dan buah ini bermanfaat bagi penderita anemia. Konsumsi teratur dan moderat membantu meningkatkan anemia dengan meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh. Yin Tonic adalah naungan herbal yang digunakan untuk mengobati anemia, gusi berdarah, batuk, sembelit, mual, demam, sakit dan mudah melancarkan pencernaan.

10. Keterlambatan penuaan

Mangga kaya akan vitamin A dan C, sehingga manfaat mangga membantu tubuh memproduksi protein kolagen. Kolagen melindungi jaringan ikat pembuluh darah dan tubuh serta memperlambat proses penuaan alami. Itu sebabnya, mangga merupakan salah satu bahan makanan anti penuaan.