Mendikbud Minta Pengawas Ujian Lebih Teliti

Mendikbud Minta Pengawas Ujian Lebih Teliti

Mendikbud Minta Pengawas Ujian Lebih Teliti

Mendikbud Minta Pengawas Ujian Lebih Teliti
Mendikbud Minta Pengawas Ujian Lebih Teliti

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof Muhadjir Effendy mengatakan secara

umum penyelengg araan UNBK untuk SMA cukup berhasil, kendati memang ada insiden siswa memfoto naskah ujian di komputer dengan ponsel mereka. “Di sini ada keteledoran dari guru pengawas sehingga diberi sanksi,” katanya.

Siswa berani berbuat begitu karena tidak tahu bahwa apa yang mereka perbuat pasti akan diketahui lantaran bisa dilacak rekam digitalnya. Oleh karena itu, siswa jangan sampai mencoba-coba berbuat seperti itu karena dipastikan akan diketahui oleh Kemendikbud. Ke depan, dia berharap guru pengawas lebih teliti lagi dalam mengawasi siswa.

“Termasuk memeriksa jangan sampai ada kejadian siswa memfoto naskah ujian di

komputer dengan HP,”tuturnya. Dia menegaskan UN bukan merupakan salah satu tolok ukur kelulusan siswa. Ada tolok ukur lain dalam menentukan kelulusan siswa.

Namun karena penyelenggaraan UN sudah sangat baik dan kredibel, hasil UN tentu akan menjadi pertimbangan bagi mereka yang memerlukan data terkait dengan peserta UN tersebut.

Dia memberi contoh institusi yang akan merekrut pegawai akan memperhatikan hasil dari UN. Begitu juga universitas atau perguruan tinggi, juga akan memperhatikan hasil dari UN siswa untuk menentukan dapat diterima atau tidak.

“Kredibilitas UN jauh lebih dari Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) meski

pelaksanaannya juga berbasis komputer. UN merupakan student record sehingga siswa tetap dituntut serius dalam mengerjakan UNBK karena pertimbangan-pertimbangan tadi,”bebernya.

 

Sumber :

https://www.surveymonkey.com/r/STBR97L