Mengintip pengembangan robotik pengumpul informasi perjalanan

Mengintip pengembangan robotik pengumpul informasi perjalanan

Mengintip pengembangan robotik pengumpul informasi perjalanan

Perkembangan teknologi dalam kurun waktu satu abad terakhir telah jauh melampaui perkiraan masyarakat pada umumnya.

Tak terkecuali perkembangan teknologi menggunakan robot untuk memudahkan kehidupan manusia.

Dalam proses pengembangan teknologi robot, para ilmuwan dituntut untuk terus bisa berinovasi, namun tetap berlandaskan kepentingan umat manusia.

Di negara berkembang seperti Indonesia, peningkatan ekonomi dan pendapatan masyarakat telah mendorong adanya perubahan kebutuhan hidup bukan hanya pada yang mendasar seperti makan dan pakaian. Salah satu kebutuhan manusia melampaui kebutuhan dasarnya adalah untuk melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat yang lain.

Namun, peningkatan mobilitas oleh manusia dewasa ini membawa ikutan antara

lain kemacetan lalu lintas akibat volume kendaraan yang melebihi kapasitas jalan, atau terganggunya arus kendaraan akibat adanya kecelakaan, maupun adanya gangguan cuaca buruk.

Dengan berbekal informasi yang diterima sebelum orang melakukan perjalanan ke suatu tempat, tentunya akan membantu mengurangi hambatan perjalanan termasuk dalam mengambil keputusan untuk pemilihan rute yang yang akan dilalui.

Memasuki era industri 4.0 untuk sektor transportasi dijabarkan sebagai “Intelligent

Traveler Information System” atau Sistem Informasi Perjalanan “Pintar” (ITIS) yang diharapkan mampu memudahkan perjalan manusia dari satu tempat ke tempat lainnya.

Salah seorang peneliti dari Politeknik Kota Malang Aditya Kurniawan, melihat adanya kebutuhan manusia untuk mendapatkan informasi tambahan yang terbaru dalam melakukan perjalanan darat. Pilihannya jatuh pada robot yang bisa mengumpulkan informasi perjalanan.

Berbekal pendidikan terakhir di Universitas Newcastle Inggris, Aditya

mengembangkan robot bernama Prototype Mobile Robot Data Collector (MRDC). Robot itu, akan mengumpulkan informasi perjalanan dengan berbekal 11 sensor yang terpasang.

 

Baca Juga :