Menyongsong Gas dari si Jangkrik Apung

Menyongsong Gas dari si Jangkrik Apung

Menyongsong Gas dari si Jangkrik Apung

Menyongsong Gas dari si Jangkrik Apung
Menyongsong Gas dari si Jangkrik Apung

PEMUTARAN kemudi secara simbolis yang dilakukan istri Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ratnawati Jonan menandai upacara penamaan Kapal Floating Production Unit (FPU) Jangkrik di Saipem Karimun Yard, Tanjung Balai, Kepulauan Riau, Selasa (21/3). Kapal yang diproduksi sejak 2014 tersebut diresmikan Kementerian ESDM sebagai bagian dari pengoperasian Lapangan Jangkrik.

Pengerjaan kapal yang memakan waktu sekitar tiga tahun tersebut diklaim Menteri

ESDM Ignasius Jonan telah menghemat anggaran hingga US$300 juta atau setara Rp3,9 triliun. Hal tersebut terjadi setelah anggaran yang terpakai hanya sekitar US$4,2 miliar dari perencanaan awal sebesar US$4,5 miliar. Kapal tersebut ditargetkan mulai berproduksi pada pertengahan 2017.

Hal tersebut lebih cepat daripada perencanaan yang tercantum dalam Rencana

Strategis Kementerian ESDM 2015-2018, yaitu produksi ditargetkan pertama kali pada 2018. Kapal yang diproduksi konsorsium antara Saipem, Tripatra, Chiyoda dan Hyundai Heavy Industries tersebut telah ditarik berlayar menuju Selat Makassar untuk ditempatkan di wilayah kerja migas Lapangan Jangkrik, Muara Bakau, Kalimantan Timur, yang dioperatori ENI Muara Bakau BV. Waktu pelayaran diperkirakan 12 hari.

FPU Jangkrik diklaim sebagai kapal unit terapung terbesar di Indonesia dengan lebar 46 meter dan panjang 192 meter.

Nantinya kapal tersebut terhubung dengan 10 sumur produksi gas bawah laut. Gas

yang diproduksi akan disalurkan melalui pipa bawah laut sepanjang 79 km. Kapal tersebut dirancang untuk memproduksi gas dengan kapasitas hingga 450 juta standar kaki kubik per hari (mmscfd). Jonan menyatakan produksi tersebut akan berkontribusi menambah 6% hingga 7% produksi gas bumi Indonesia saat ini. Sekitar 52% gas akan dijual ke Pertamina, 38% dialokasikan ke Eni Midstream, dan 10% dialirkan ke industri pupuk di Kalimantan Timur.

 

Baca Juga :