Metode Sejarah Pendidikan Agama Islam

Metode Sejarah Pendidikan Agama Islam

Metode Sejarah Pendidikan Agama Islam

Memahami sejarah adalah hal yang sangat rumit, setidaknya ada dua fase untuk sampai pada hal tersebut.yang pertama adalah fase penggalian sejarah, dan yang kedua adalah fase penulisan sejarah. Adapun cara/metode yang bisa ditempuh untuk fase yang pertama adalah :

Metode Sejarah Pendidikan Agama Islam

  1. Cara/metode Lisandengan cara/metode ini pelacakan suatu obyek sejarah dengan menggunakan interview.
  2. Cara/metode Observasidalam hal ini obyek sejarah diamati secara langsung
  3. Cara/metode Documenterdimana dengan cara/metode ini berusaha mempelajari secara cermat dan mendalam segala catatan atau dokumen tertulis [7]

Mengenai cara/metode sejarah pendidikan Agama Islam, meskipun terbisa hal-hal yang sifatnya khusus, berlaku kaidah-kaidah yang ada dalam penulisan sejarah.Kebiasaan dari penelitian dan penulisan sejarah meliputi suatu perpaduan khusus keterampilan intelektual. Sejarawam harus menguasai alat-alat analisis untuk menilai kebenaran materi-materi sebenarnya, dan perpaduan untuk mengumpulkan dan menafsirkan materi-materi tersebut kedalam kisah yang penuh makna, sebagai seorang ahli, sejarawam harus mempunyai sesuatu kerangka berpikir kritis baik dalam mengkaji sebuah materi ataupun dalam menggunakan sumber-sumbernya.

Adapun fase yang kedua yaitu cara/metode penulisan untuk memahami Sejarah Pendidikan Agama Islam diperlukan suatu pendekatan atau cara/metode yang bisa ditempuh adalah keterpaduan antara cara/metode deskriptif, cara/metode komparatif dan cara/metode analisis sintesis.

  • Cara/metode Deskriptif

Dengan cara deskriptif dimaksudkan bahwa ajaran-ajaran Agama Islam sebagai agama yang dibawa oleh Rasulullah SAW dalam Al-Quran dan Hadits, trutama yang berhubungan dengan pendidikan harus diuraikan sebagaimana adanya, dengan maksud untuk memahami makna yang terkandung dalam ajaran Agama Islam.

  1. Cara/metode Komparatif

Melalui cara/metode ini dimaksudkan bahwa ajaran-ajaran Agama Islam itu dikomparasikan dengan fakta-fakta yang terjadi dan berkembang dalam kurun waktu serta tempat-tempat tertentu untuk mengetahui adanya persamaan dan perbedaan dalam suatu permasalahan tertentu

  1. Cara/metode Analisis-sintesis

Cara/metode analisis berarti secara kritis membahas, meneliti istilah-istilah, pengertian-pengertian yang diberikan oleh Agama Islam sehingga diketahui adanya kelebihan dan kekhasan pendidikan Agama Islam. Dan sintesis berarti.untuk memperoleh kesimpulan yang diambil guna memperoleh satu keutuhan dan kelengkapan kerangka pencapaian tujuan serta manfaat sejarah pendidikan Agama Islam.

sumber :

https://finbarroreilly.com/permainan-softball/