Pengembangan Ekspor Produk-produk Manufaktur

Pengembangan Ekspor Produk-produk Manufaktur

Menurut Todaro & Smith (2006: 149-151) perluasan ekspor barang-barang manufaktur dari NSB sangat dipengaruhi oleh imbas keberhasilan ekspor yang spektakuler dari negara-negara industri baru, seperti Korsel, Singapura, Hongkong, Taiwan, Meksiko, China dan Brazil selama empat dasawarsa terakhir. Sebagai contoh, ekspor Taiwan secara keseluruhan meningkat lebih dari 20% per tahun. Sementara itu, ekspor dari negara Korea Selatan bahkan tumbuh lebih cepat lagi. Laju pertumbuhan ekspor kedua negara Asia Timur tersebut bersumber dari peningkatan ekspor produk-produk manufaktur yang memberi kontribusi lebih dari 80% bagi pendapatan devisa negaranya.

Bagi NSB secara keseluruhan, peningkatan ekspor barang-barang manufakturnya cukup mengesankan, dari 6% (dari total ekspornya) pada tahun 1950 menjadi sekitar 64% pada tahun 2000. Jika digabung, negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah pada tahun 2002 menghasilkan jumlah 25,7% dari total ekspor produk-produk manufaktur dunia; China adalah pemimpin dari tingginya peningkatan output manufaktur dari NSB. Namun, negara-negara berpenghasilan rendah tetap hanya menghasilkan 3,3% dari total output dunia.

Keberhasilan ekspor selama dasawarsa terakhir, khususnya yang dicapai oleh keempat macan asia tersebut, telah mendorong bangkitnya argumen-argumen kaum fundamental yang mengagung-agungkan strategi pembangunan yang berorientasi ke luar dan pengutamaan mekanisme pasar bebas. Aliran pemikiran tersebut banyak dianut oleh para ekonom dan pejabat IMF maupun Bank Dunia. Mereka berkeyakinan bahwa pertumbuhan ekonomi NSB hanya dapat dicapai secara maksimal melalui mekanisme pasar bebas, penerapan prinsip kebebasan berusaha, keterbukaan ekonomi, dan pembatasan intervensi pemerintah sampai ke taraf yang minimal. Namun sebenarnya keberhasilan negara-negara Asia Timur tersebut bukan disebabkan penentuan tingkat produksi ekspor, melainkan justru disebabkan oleh perencanaan yang cermat dan langsung oleh pemerintahnya.

sumber :
https://www.urusizin.co.id/battlefield-combat-black-ops-apk/