Pengertian dan Fungsi ginjal lengkap

Pengertian ginjal

Ginjal adalah organ berbentuk kacang yang merupakan organ utama sistem eliminasi manusia. Manusia memiliki ginjal di belakang perut.

Ginjal berada di bawah hati dan limpa, dan ada adrenal di bagian atas ginjal, juga disebut adrenal. Fungsi utama ginjal adalah untuk menghilangkan kotoran dari darah dan membuangnya dalam bentuk urin. Ginjal memiliki panjang sekitar 11,5 cm, lebar 6 cm, dan tebal sekitar 3 cm, serta berat 120-170 gram.

Fungsi ginjal

1. Saring darah dari metabolit
Setiap kali ada proses metabolisme dalam tubuh. Konsekuensi dari proses metabolisme ini tidak diperlukan, jadi tetap berada dalam tubuh berbahaya. Ketika darah ada di ginjal, itu melewati sistem peredaran darah dengan baik dan disaring sehingga bahaya yang tidak penting dilepaskan dalam bentuk urin.

Pertahankan keseimbangan air dalam tubuh
Ginjal kita mengeluarkan sekitar 2 liter air setiap hari dalam bentuk urin. Fungsi ini memungkinkan ginjal menjaga keseimbangan cairan dan homeostasis dalam tubuh.

Pertahankan keseimbangan asam dan basa
Masih terkait dengan kemampuan mengamankan urine. Ginjal juga dapat menjaga keseimbangan asam tubuh dengan mengatur pelepasan asam atau basa melalui urin.

4. Buat beberapa hormon dan vitamin
Ginjal dapat menghasilkan erythropoietin, renin dan calcitriol (vitamin D3).

Erythropoietin adalah hormon yang berfungsi untuk merangsang peningkatan produksi sel darah merah oleh sumsum tulang.
Renin berperan dalam mengatur tekanan darah.
Calcitriol (Vitamin D 3) berfungsi mengatur keseimbangan kalsium dan hormon prostaglandin dalam tubuh.

5. Mengatur konsentrasi kalium dalam darah melalui penyerapan dengan nefron ginjal.

C. Struktur ginjal dan bagian ginjal

Jika ginjal dipotong secara melintang, itu menunjukkan beberapa struktur utama yang membentuk ginjal. Pada umumnya ada tiga struktur, bagian terluar dari ginjal yang disebut korteks, bagian terakhir dari korteks medula ginjal dan bagian paling dalam panggul ginjal. Di dalam korteks ginjal dan medula ada unit struktural dan fungsional ginjal yang disebut nefron.

Nefron ini adalah komponen yang paling penting karena ia melakukan sebagian besar fungsi ginjal. Jumlah nefron di ginjal adalah sekitar satu juta nefron. Di bagian luar, ginjal diselimuti oleh jaringan fibrosa tipis yang disebut tutup fibrosa ginjal. Ada juga jaringan adiposa di sekitar ginjal di bagian luar kapsul ginjal.

Bagian utama dari ginjal adalah:

Korteks ginjal
Korteks adalah bagian terluar dari ginjal yang berfungsi sebagai tempat penyaringan dan ultrafiltrasi. Di dalam korteks ada nefron yang membuat permukaan ginjal lebih lebar. Nefron juga merupakan elemen kunci dari proses penyaringan zat yang tidak dibutuhkan tubuh.

Medula ginjal
Medula ginjal adalah bagian kerucut seperti piramida. Satu ginjal terdiri dari 8-12 piramida. Di medula ada beberapa saluran, seperti tubulus agregat, lengkung Henle, dan tubulus berkontur. Fungsi medula ginjal adalah untuk menyerap nutrisi yang masih dapat digunakan dari hasil filter kortikal ginjal.

Pelvis ginjal
Rongga panggul atau ginjal adalah bagian dari ureter yang membesar. Pelvis adalah tempat penampungan sementara urin sebelum urin pergi ke organ ekskretoris berikutnya.

Pembuluh darah ginjal
Ginjal memiliki arteri dan vena besar. Seperti organ-organ lain, arteri berfungsi membawa darah bersih, termasuk oksigen dan nutrisi, dan pembuluh darah berfungsi membawa darah kotor, termasuk karbon dioksida.

5. Nephron
Seperti disebutkan sebelumnya, nefron adalah struktur ginjal yang paling penting. Nefron bertindak sebagai unit hemofiltrasi dan menghasilkan urin. Manusia memiliki dua jenis nefron, yaitu nefron kortikal dan nefron jukstamedularis. Nefron kortikal memiliki lengkung Henle yang pendek, tetapi garis nefron juxtam memiliki lengkung Henle yang lebih panjang. Delapan puluh persen nefron di ginjal manusia adalah nefron kortikal, dan 20 persen lainnya adalah nefron yang dijadwalkan untuk operasi. Nefron terdiri dari beberapa bagian utama.

Sumber : https://materibelajar.co.id/