Pengertian Data Menurut Para Ahli Berikut Fungsi dan Jenis Data

Memahami data adalah

Apa itu data? Secara umum, pengertian data adalah kumpulan informasi atau fakta mentah dalam bentuk simbol, angka, kata atau gambar, yang diperoleh melalui proses mengamati atau mencari sumber tertentu.

Pendapat lain menyatakan bahwa definisi data adalah kumpulan informasi atau deskripsi dasar dari suatu hal (objek atau peristiwa) yang diperoleh dari pengamatan (pengamatan) dan dapat diproses dalam bentuk yang lebih kompleks, seperti; informasi, database atau solusi untuk masalah-masalah tertentu.

Secara etomologis, istilah “data” berasal dari bahasa Latin, yaitu “Datum” yang berarti sesuatu yang diberikan. Dengan kata lain, data adalah hasil pengukuran atau pengamatan dari suatu variabel yang bentuknya bisa dalam bentuk simbol, warna, kata, angka atau gambar.

Pemahaman ahli data

Untuk lebih memahami apa data itu, kita bisa merujuk pada pendapat para ahli berikut:

1. Arikunto Suharsimi
Menurut Arikunto Suharsimi, pengertian data adalah semua fakta dan angka yang dapat digunakan sebagai bahan untuk kompilasi informasi.

2. Nuzulla Agustina
Menurut Nuzulla Agustina, definisi data adalah informasi tentang sesuatu yang sudah sering terjadi dan dalam bentuk kumpulan fakta, angka, tabel grafik, gambar, simbol, kata, huruf, yang menunjukkan sesuatu pemikiran, objek dan kondisi dan situasi.

3. Kuswadi dan E. Mutiara
Menurut Kuswadi dan E. Mutiara, pengertian data adalah kumpulan informasi yang diperoleh dari pengamatan yang bisa berupa angka, simbol atau properti.

4. Slamet Riyadi
Menurut Slamet Riyadi, pengertian data adalah kumpulan informasi yang diperoleh dari pengamatan di mana data bisa berupa angka atau simbol.

5. Kristanto
Menurut Kristanto, memahami data adalah fakta tentang objek yang dapat mengurangi tingkat ketidakpastian tentang keadaan dan peristiwa.

Fungsi data umum

Fungsi data
Pada dasarnya, data terkait dengan berbagai aspek kehidupan manusia. Namun, penggunaan istilah data lebih banyak digunakan di bidang teknologi komputer dan juga dalam kegiatan penelitian.

Dengan mengacu pada definisi data di atas, fungsi data adalah sebagai berikut:

Data dapat berfungsi sebagai referensi dalam membuat keputusan dalam memecahkan masalah.
Data dapat digunakan sebagai panduan atau dasar untuk penelitian atau perencanaan.
Data dapat berfungsi sebagai referensi dalam implementasi suatu kegiatan.
Data berfungsi sebagai dasar untuk mengevaluasi suatu kegiatan.

Jenis data
Jenis-jenis data dapat dikelompokkan berdasarkan sumbernya, sifatnya, cara mendapatkannya dan pada saat pengumpulan. Di bawah ini adalah penjelasan lengkapnya:

1. Data berdasarkan cara mendapatkannya
Data primer, atau data asli atau data baru yang dikumpulkan langsung oleh orang yang melakukan penelitian.
Data sekunder, yaitu data yang tersedia dikumpulkan dari berbagai sumber yang sudah ada sebelumnya. Sebagai contoh; dari perpustakaan, makalah penelitian sebelumnya dan lain-lain.
2. Jenis data berdasarkan sumbernya
Data internal, yaitu data yang diperoleh dari dalam suatu organisasi yang menggambarkan keadaan organisasi. Sebagai contoh; informasi tentang jumlah karyawan, jumlah modal, jumlah produksi dan sebagainya.
Data eksternal, atau data yang diperoleh dari luar organisasi yang menggambarkan berbagai faktor yang dapat mempengaruhi kinerja organisasi. Sebagai contoh; informasi tentang daya beli masyarakat, perubahan kebiasaan orang dan sebagainya.
3. Jenis data berdasarkan sifatnya
Data kualitatif, atau data yang dinyatakan dalam bentuk menit, simbol atau gambar. Sebagai contoh; kuesioner tentang tingkat kepuasan pelanggan dengan layanan perusahaan.
Data kuantitatif, atau data yang dinyatakan dalam bentuk angka atau angka. Sebagai contoh; harga saham, nilai pendapatan dan lain-lain.
4. Data berdasarkan waktu pengumpulan
Data penampang, yaitu data yang dikumpulkan hanya pada waktu-waktu tertentu untuk mengetahui situasi pada saat itu. Sebagai contoh; Data penelitian dengan kuesioner.
Data berkala, atau data yang dikumpulkan secara berkala dari waktu ke waktu untuk menemukan perkembangan suatu peristiwa dalam periode tertentu. Sebagai contoh; data harga makanan.

Artikel Terkait : rumusguru.com