pengertian ilmu sejarah

Etnisitas dan Ras Sebagai Kekuatan Sejarah

Etnisitas dan ras menduduki peran penting dalam pertumbuhan suatu daerah. Kota-kota besar seperti Batavia, Yogyakarta, Semarang, dan Surabaya penuh dengan permasalahan etnisitas dan ras. Dulu sering terjadi perkelahian antar etnis di kota-kota itu dengan berbau masalah SARA. Sekalipun Indonesia sangat rawan dengan SARA, tetapi sumbangan masing-masing etnisitas dan ras itu perlu ditulis. (Kuntowijoyo, 2013, hal. 110-111)
12. Mitos Sebagai Kekuatan Sejarah
Mitos dikatakan sebagai kekuatan sejarah karena ia dapat menggerakkan kelompok atau individu untuk merubah maupun melakukan sesuatu. Sebagai contoh Mitos tentang datangnya Ratu adil yang sering kita jumpai pada ramalan Joyoboyo. Mitos tentang Ratu adil ini menggerakkan orang jawa untuk melawan belanda. Diponegoro juga dianggap sebagai Ratu adil, dialah yang dianggap mendapatkan pulung. Tidak hanya itu, bahkan Soekarno pun juga diangap sebagai Ratu adil karena kecakapannya dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Seperti itulah Mitos berpengaruh terhadap sejarah. tanpa kita sadari mitos dapat menggerakkan masyarakat untuk melakukan perubahan. (Kuntowijoyo, 2013, hal. 111-112)

13. Budaya Sebagai Kekuatan Sejarah

kita telah ketahui bersama bagaimana renaissance membawa kemajuan pada kebudayaan eropa. Romantisme, sekulerisme, rasionalisme, nasionalisme, kapitalisme, Demokrasi dan lain sebagainya telah melahirkan kebudayaan eropa yang modern dan maju baik dibidang politik, ekonomi , sastra, seni, arsitektur, olahraga, ilmu pengetahuan dan lain sebagainya. Olahraga, seperti sepak bola, desain interior rumah, seperti meja dan kursi, celana, makanan kaleng, mulai dikenal setidaknya pada awal abad ke 20. Kebudayaan eropa semakin berkembang dan bepengaruh dengan adanya proses globalisasi. Adanya globalisasi mempermudah pengaruh barat untuk masuk dan melakukan penetrasi terhadap kebudayaan local yang nantinya akan membawa perubahan dalam kehidupan sosial.[7]


Sumber: https://www.gurupendidikan.co.id/jasa-penulis-artikel/