Pengertian Inovasi dan Manfaatnya

Pengertian Inovasi dan Manfaatnya

Pengertian Inovasi dan Manfaatnya

Pengertian Inovasi dan Manfaatnya
Pengertian Inovasi dan Manfaatnya

1. Pengertian Inovasi

Inovasi adalah hasil dari sebuah proses kreatif yang berasal dari pengembangan & pemanfaatan berdasarkan ilmu pengetahuan serta keterampilan teknis & pengalaman yang pada akhirnya akan memperbaiki ataupun menciptakan produk (barang/jasa) yang baru & mempunyai manfaat/tambahan manfaat baru.
Jadi Inovasi yang dilakukan terhadap suatu produk akan bisa memunculkan suatu produk baru/produk lama dengan tambahan manfaat baru.

2. Manfaat yang Diperoleh dengan Adanya Inovasi

a. Pengembangan Ekonomi

Dengan adanya produk baru dari hasil inovasi maka akan terbuka peluang ekonomi terhadap produk itu. Kemudian ketika produk itu dapat diterima pasar, maka secara alami permintaan akan meningkat & produksi secara massal yang akhirnya akan memunculkan banyak lapangan pekerjaan bagi masyarakat.
 

b. Solusi terhadap suatu masalah

Inovasi seringkali terjadi karena adanya masalah yang berulang-ulang terhadap suatu produk, kemudian dengan proses kreatif akan menemukan inovasi untuk produk itu. Selain mengatasi masalah yang terjadi, pada perkembangannya juga bisa menambah beberapa manfaat suatu produk sehingga memudahkan suatu pekerjaan.
c. Berkembangnya ilmu pengetahuan
Salah satu unsur utama dari sebuah inovasi produk adalah pemanfaatan ilmu pengetahuan, yang dengan terciptanya inovasi produk maka secara otomatis ilmu pengetahuan juga akan berkembang dengan munculnya ide-ide baru terhadap hasil inovasi itu.
Baca Artikel Lainnya: