Pengertian Metode Tanya Jawab

Pengertian Metode Tanya Jawab

Pengertian Metode Tanya Jawab

Dalam proses belajar mengajar guru dan cara mengajarnya merupakan factor penting untuk menimbulkan motivasi belajar siswa terutama dalam belajar di sekolah, bagaimana sikap, dan kepribadian guru, tinggi rendahnya ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh guru dan bagaimana sikap mengajarkan pengetahuan itu kepada siswanya, turut menentukan hasil belajar yang dapat dicapai oleh siswa (Purwanto, dalam Tohri, 2007). Jadi ketika kita mengajar semua yang ada pada seorang guru itu turut menentukan lancarnya prosesnya belajar mengajar, bukan semata-mata dari pandai tidaknya guru menyampaikan materi pelajaran saja.

Pengertian Metode Tanya Jawab

             Dalam setiap pelaksanaan proses belajar mengajar akan selalu melibatkan individu yang satu dengan yang lain, atau kelompok individu yang lain, sehingga di dalam Tanya jawab pada hakekatnya telah terjadi interaksi dan komunikasi yang bersifat intensif, untuk merumuskan tujuan bersama. Jika diperhatikan makna yang terkandung di dalam metode Tanya jawab merupakan jembatan untuk melatih keterampilan siswa dalam berkomunikasi dengan sesamanya, dimana komunikasi itu adalah alat untuk menyampaikan atau mengungkapkan ide, perasaan, dan buah pikirannya sebagai baik dan manusiawi. Dengan memahami komunikasi, maka tidak ada cara yang lebih efektif dan efisien selain melatih kemampuan siswa untuk berkomunikasi secara baik dan benar melalui berbagai metode yang ada, seperti dengan menggunakan metode Tanya jawab untuk memberikan peluang kepada siswa untuk melatih diri untuk berkomunikasi secara lisan.

             Metode tanya jawab adalah cara penyajian pelajaran dalam bentuk pertanyaan yang harus dijawab, terutama guru kepada siswa tetapi dapat pula dari siswa kepada guru.

Metode tanya memiliki beberapa kelebihan diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Pertanyaan dapat menarik dan memusatkan perhatian siswa sekalipun ketika itu ssiswa sedang rebut, dan yang mengantuk akan kembali tegar dan hilagn rasa kantuknya.
  2. Merangsang siswa untuk melatih dan mengembangkan daya pikir, termasuk daya ingatannya.
  3. Mengembangkan keberanian dan keterampilan siswa dalam menjawab dan mengemukakan pendapatnya.

 

sumber :

Major GUN 4.1.1 Apk + Mod (Unlimited Money) Android