Perkembangan Jalur Transportasi dan Perdagangan Internasional Indonesia

Perkembangan Jalur Transportasi dan Perdagangan Internasional Indonesia

kalau Indonesia termasuk sebagai tidak benar satu negara terluas di dunia? Tahu sebab apa? Yap, benar sekali, laut. Jalur transportasi dan perdagangan internasional yang dimiliki Indonesia sejak dulu hingga saat ini terbilang kuat sebab punyai laut yang luas dan letak yang strategis. Gimana, ya, perkembangan jalur transportasi dan perdagangan internasional Indonesia?

Setelah menyadari sejarah perkembangan jalur transportasi dan perdagangan internasional Indonesia, anda tentu bertanya-tanya bagaimana posisi maritim Indonesia di masa saat ini ya?

Selain yang telah disebutkan terhadap bagan di atas, sementara ini Indonesia merupakan tidak benar satu negara maritim yang mesti diperhitungkan. Penyebabnya sebab Indonesia punyai 4 chokepoint berasal dari 10 chokepoint di semua dunia. Keempat chokepoint selanjutnya berada di Selat Malaka (antara dataran Asia dan Pulau Sumatera), Selat Sunda (antara Pulau Sumatera dan Pulau Jawa), Selat Lombok (antara Pulau Bali dan Nusa Tenggara Barat), dan Selat Ombai-Wetar (antara Pulau Alor dan dataran Sunda Kecil).

Selain empat lokasi tersebut, selanjutnya ini adalah bermacam jalur transportasi dan perdagangan internasional Indonesia sementara ini:

Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) adalah urutan laut yang ditetapkan sebagai urutan untuk pelaksanaan Hak Lintas Alur Laut Kepulauan berdasarkan konvensi hukum laut internasional. Di Indonesia, terdapat ALKI I (Selat Sunda), ALKI II (Selat Lombok), dan ALKI III (Selat Ombai-Wetar).
Indonesia terletak terhadap posisi silang di pada Benua Asia dan Australia, dan juga di pada Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Lokasi ini untung Indonesia sebab jadi inti jalur perdagangan selanjutnya lintas dunia dan jadi jalur transportasi negara-negara lain.
Jalur laut adalah jalur yang paling efisien untuk mengangkut barang didalam kuantitas besar.

4. Indonesia terletak di jalur strategis perdagangan internasional yang disebut jalur sutra laut, yakni berasal dari Tiongkok dan Indonesia, melalui Selat Malaka ke India.

5. Berkaitan bersama jalur perdagangan laut, pemerintah Indonesia punyai konsep membangun tol laut. Tujuannya adalah untuk meratakan distribusi orang, barang maupun jasa melalui jalur laut ke semua Indonesia bersama biaya terjangkau dan efisien. https://www.gurukelas.co.id/

Saat ini telah ada 13 trayek tol laut di Indonesia. Dari 13 trayek yang ada, 11 di antaranya berada di kawasan timur Indonesia. Adapun dua trayek sisanya berada di kawasan barat Indonesia.