Proses Pembuatan Pulp Kertas

Proses Pembuatan Pulp Kertas

 

Sebelum membuat pulp kertas, kita perlu tahu nilai berat jenis pada kayu itu sendiri. Dimana nilai ini secara langsung mempengaruhi besarnya rendemen pulp kertas yang diperoleh dan secara tidak langsung mempengaruhi kualitas kertas.

Menurut Kasmudjo (2010) menyatakan bahwa pada umumnya kayu dengan berat jenis 0,40-0,60 dapat menghasilkan rendemen pulp kertas yang optimal. Hal ini disebabkan berat jenis disusun oleh tebal dinding sel dan zat dalam kayu yang secara tidak langsung dapat mempengaruhi kualitas kertas.

Di lain sisi, bahwa kayu yang baik sebagai bahan pulp dan kertas mengutamankan diantaranya, mempunyai serat yang banyak dan dimensi yang mempunyai serat yang lebih panjang, mempunyai kandungan selulosa cukup, dan berat jenis yang yang sesuai.

Untuk pembuatan pulp dan kertas, ada 3 proses yaitu

1. Proses Mekanik

Proses ini merupakan salah satu cara pembuatan pulp dan kertas yang paling sederhana yang tidak menggunakan zat kmia atau bahan pemasak apapun dalam prosesnya. Sehingga pulp dan kertas dengan proses ini mempunyai rendemen yang tinggi dari proses lainnya, dan pulp yang dihasilkan dikatakan sebagai ground wood pulp (Kasmudjo, 2010).

2. Proses Semi Khemis

Proses ini merupakan salah satu cara pembuatan pulp dan kertas yang terbagi dalam 2 tingkat yaitu membuat kayu ke dalam bentuk chips dan memperlakukannya dengan zat kimia (berfungsi untuk menghilangkan sebagian lignin). Sehingga pulp dan kertas mempunyai rendemen berkisaran dengan 65 – 85% dengan membutuhkan zat kimia atau pemasak sebanyak 30 -70%.

3. Proses Khemis

Proses ini terdiri dari 4 bagian yaitu :

Sulfit

Bahan kimia yang mempunyai sifat dapat dengan baik menghilangkan zat-zat dalam kayu yang bersifat non selulosa. Melalui proses ini kayu akan dimasak dengan bebas kulit dan dibuat chips terlebih dahulu. Rendemen yang diperoleh ialah berkisar antara 49 – 53%.

Sulfat

Dalam prose ini liqour alkali dengan cepat akan melarutkan lignin di dalam lamela tengah majemuk sebelum rekasi-reaksi yang lain terjadi. Sehingga delignifikasi bersifat selektif yang serabut dihasilkan tidak banyak yang rusak. Rendemen pulp dan kertas yang dihasilkan berkisara 45 -48%.

Soda

Proses ini dilakukan pada serat yang pendek yaitu jenis kayu daun lebar (hardwood). Rendemen pada pulp dan kertas yang dihasilkan ialah 35%.

Pomilio

Proses ini jarang digunakan dalam pembuatan pulp dan kertas, tapi pada intinya proses ini menggunakan hasil pemasakan yang selajutnya akan dicuci, disaring, dan dipres berulang-ulang hingga kadar airnya tinggal 70% (Kasmudjo, 2010).

TERBARU