QUALCOMM SEDANG DISELIDIKI OLEH UE KARENA TERLIBAT DALAM PERILAKU ANTI-PERSAINGAN

QUALCOMM SEDANG DISELIDIKI OLEH UE KARENA TERLIBAT DALAM PERILAKU ANTI-PERSAINGAN

QUALCOMM SEDANG DISELIDIKI OLEH UE KARENA TERLIBAT DALAM PERILAKU ANTI-PERSAINGAN

 

QUALCOMM SEDANG DISELIDIKI OLEH UE KARENA TERLIBAT DALAM PERILAKU ANTI-PERSAINGAN
QUALCOMM SEDANG DISELIDIKI OLEH UE KARENA TERLIBAT DALAM PERILAKU ANTI-PERSAINGAN

Qualcomm Inc pada hari Rabu merinci keuntungan penjualan signifikan pertama dari kategori baru chip yang dijualnya ke pembuat ponsel, tetapi juga mengungkapkan bahwa penyelidikan antitrust telah dimulai di sekitar chip tersebut.

Uni Eropa sedang menyelidiki apakah Qualcomm terlibat dalam perilaku anti-persaingan dengan memanfaatkan posisi pasarnya dalam chip modem 5G di pasar chip frekuensi radio, perusahaan San Diego mengatakan pada hari Rabu dalam pengajuan peraturan.

Pengungkapan itu terjadi setelah perusahaan menghabiskan bertahun-tahun

memerangi regulator – dan membayar miliaran dolar dalam denda – atas tuduhan bahwa mereka terlibat dalam praktik perizinan paten anti persaingan. Qualcomm tahun lalu kehilangan sebuah kasus yang dibawa oleh Komisi Perdagangan Federal AS dan tetap terkunci dalam banding.

Qualcomm memasok chip “modem”, juga kadang-kadang disebut prosesor baseband, yang menghubungkan ponsel ke jaringan data nirkabel.

Qualcomm sedang diselidiki oleh UE karena terlibat dalam perilaku anti-persaingan
Eksekutif Qualcomm mengatakan bahwa pendapatan dari pasar frekuensi radio berkontribusi terhadap perkiraan penjualan yang mengalahkan ekspektasi analis. Gambar: Reuters

Tetapi perusahaan juga memperluas ke bidang terkait yang disebut chip front-end frekuensi radio, yang telah menjadi lebih kompleks pada ponsel yang menggunakan jaringan 5G.

Qualcomm telah mencoba membujuk para pembuat telepon untuk membeli chip frekuensi radionya, bersama dengan chip modemnya sendiri, daripada memilih bagian dari vendor terpisah dan mengintegrasikannya.

Pemasok utama chip frekuensi radio lainnya adalah Broadcom Inc, Skyworks Solutions Inc dan Qorvo Inc.

Eksekutif Qualcomm mengatakan pada hari Rabu bahwa pendapatan dari pasar frekuensi radio berkontribusi terhadap perkiraan penjualan yang mengalahkan ekspektasi analis.

Dalam pengajuan Rabu, Qualcomm mengatakan sedang dalam proses menanggapi

penyelidikan oleh Komisi Eropa, cabang eksekutif Uni Eropa, setelah melayani permintaan informasi dengan perusahaan pada 3 Desember.

Qualcomm mengatakan komisi itu dapat mengenakan denda hingga 10 persen dari pendapatan tahunannya jika ditemukan pelanggaran.

Qualcomm didenda 242 juta euro oleh Komisi Eropa pada Juli tahun lalu karena memblokir saingannya dari pasar sekitar satu dekade lalu, penalti antimonopoli kedua UE. Komisi juga mendenda Qualcomm 997 juta euro selama 2018 karena membayar pembuat iPhone Apple hanya menggunakan chip-nya, sebuah taktik yang ditujukan untuk menggagalkan saingan termasuk Intel Corp.

Qualcomm telah memenangkan kontrak chip frekuensi radio dengan Samsung Electronics Co Ltd, Alphabet Inc Google dan LG Electronics Inc, antara lain.

Analis mengatakan penyelidikan Uni Eropa tidak mungkin memperlambat

kemajuan Qualcomm di pasar chip frekuensi radio.

“Qualcomm telah dihukum berkali-kali karena praktik anti-persaingan. Itu salah satu risiko dari cerita ini, ”kata Chaim Siegel, seorang analis di Elazar Advisors. “Mereka memiliki pengaruh pasar karena teknologi mereka jauh lebih baik daripada pesaing.”

Sumber:

http://blog.dinamika.ac.id/arya/2020/05/31/seva-mobil-bekas/