Resiko Karna Mengurangi Konsumsi Karbohidrat

empat risiko kesehatan karena mengurangi konsumsi karbohidrat.

1. Efek negatif pada beberapa bagian tubuh

Parker mengatakan bahwa ketika kita menerapkan diet ketogenik, diet yang membatasi asupan karbohidrat, beberapa bagian tubuh akan terpengaruh lebih dari yang lain. “Ada beberapa sel di dalam tubuh, termasuk sel di mata dan ginjal kita, yang hanya bekerja dengan karbohidrat,” kata Parker. Parker juga menyatakan bahwa ketika tubuh memproduksi keton, yang terjadi pada diet karbohidrat ekstrem seperti pada diet keto, tidak ada substitusi yang cukup untuk peran karbohidrat. Keton adalah energi asam yang dihasilkan ketika tubuh mulai menggunakan lemak untuk menghasilkan energi.

2. Energi rendah

Diet rendah karbohidrat juga menyebabkan proses glikolisis rendah, yang merupakan pemecahan glukosa untuk energi. Meskipun energi substitusi dapat ditemukan dalam keton, tetapi masih dapat membuat seseorang merasa lesu dan lambat bergerak, atau dikenal sebagai “pengaruh karbohidrat”. Menurut Parker, diet rendah karbohidrat sering menyebabkan kelesuan dan kurangnya resistensi. Selain itu, kekurangan karbohidrat juga menyebabkan katak otak yang membuat konsentrasi menjadi sulit. Bahkan, kekurangan karbohidrat juga menyebabkan gejala seperti flu. Baca juga: Bagaimana membangkitkan energi tubuh tanpa harus minum kopi

3. Bau mulut

Bau mulut juga merupakan efek samping tidak sadar dari diet rendah karbohidrat. Menurut Parker, halitosis adalah hasil dari energi aseton, salah satu dari tiga badan keton, yang terjadi ketika tubuh memasuki ketosis. Bau nafas yang tidak menyenangkan ini tidak bisa diatasi hanya dengan menyikat gigi dan menggunakan obat kumur. Satu-satunya cara adalah mengembalikan karbohidrat ke dalam makanan kita. Baca juga: apakah Anda sering menyikat gigi tetapi masih merasa tidak enak? Mungkin inilah penyebabnya …

4. Pola makan tidak teratur

Semua jenis pola makan mengatur program makanan dan apa yang kita konsumsi secara teratur. Namun, Parker telah menyatakan bahwa diet rendah karbohidrat dapat menyulitkan kita untuk mengikuti diet yang disarankan. Ini sangat umum ketika kita berkumpul dengan anggota keluarga atau teman yang identik dengan makanan ringan. Ketika diet karbohidrat diikuti oleh disiplin yang tinggi, Parker menyatakan bahwa itu mungkin menyebabkan isolasi sosial. Untuk mengikuti diet rendah karbohidrat dengan cara yang “sehat”, Parker menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter dan memeriksa kadar keton Anda melalui gula darah harian dan tes keton. Parker tidak menyarankan mengikuti diet rendah karbohidrat, atau diet apa pun yang dibuat ketat karena risikonya terlalu besar. “Setiap diet ketat dapat berisiko untuk kesehatan, gangguan makan yang potensial dan meningkatkan berat badan segera setelah kita mengalami penurunan berat badan karena diet tidak berfungsi,” katanya.

Baca Juga: