Sejarah sebagai pendidikan perubahan

Sejarah sebagai pendidikan perubahan

Sejarah sebagai pendidikan perubahan

Sejarah adalah proses yang menyangkut perubahan. Pada dasarnya kehidupan manusia terus berubah, walaupun kadar perubahan dari waktu ke waktu tidak sama. Perubahan itu karena disengaja atau tidak disengaja. Sejarah bisa relevan dengan perubahan asalkan tidak mempelajari waktu yang terlalu jauh.

  1. Sejarah sebagai pendidikan keindahan

Pengalaman estetik akan datang melalui mata waktu kita antara lain datang ke monumen, candi, istana dan membaca. Kita hanya diminta untuk membuka hati dan perasaan.

  1. Sejarah sebagai alat bantu

Sejarah sebagai pengetahuan dan ilmu dapat membantu menjelaskan permasalahan yang dikaji oleh ilmu-ilmu lain seperti antropologi, sosiologi, ekonomi, politik, hukum, dan lain-lain.

  1. Sejarah sebagai latar belakang

Tanpa mengetahui sejarah latar belakang maka seseorang tidak akan menjadi terampil.

  1. Sejarah sebagai bukti

Sejarah selalu dipakai untuk membenarkan perbuatan.

  1. E.Kegunaan Sejarah

Sejarah mempunyai beberapa kegunaan atau manfaat antara lain:

  1. Kegunaan Edukatif

Banyak manusia belajar dari sejarah. Belajar dari pengalaman yang pernah dilakukan. Pengalaman tidak hanya terbatas pada pengalaman yang dialaminya sendiri, melainkan juga dari generasi sebelumnya. Dengan belajar sejarah, seseorang akan senantiasa berdialog antara masa kini dan masa lampau sehingga bisa memperoleh nilai-nilai penting yang berguna bagi kehidupannya. Nilai-nilai itu dapat berupa ide maupun konsep kreatif sebagai sumber motivasi bagi pemecahan masalah kini dan selanjutnya untuk merealisasikan harapan masa yang akan datang.

sumber :

Tank Battle: Pacific v1.3 Apk + Mod (a lot of money)