SPOTIFY MENCOBA MEMIKAT PELANGGAN DENGAN UJI COBA GRATIS, DENGAN BIAYA PENDAPATANNYA

SPOTIFY MENCOBA MEMIKAT PELANGGAN DENGAN UJI COBA GRATIS, DENGAN BIAYA PENDAPATANNYA

SPOTIFY MENCOBA MEMIKAT PELANGGAN DENGAN UJI COBA GRATIS, DENGAN BIAYA PENDAPATANNYA

 

SPOTIFY MENCOBA MEMIKAT PELANGGAN DENGAN UJI COBA GRATIS, DENGAN BIAYA PENDAPATANNYA
SPOTIFY MENCOBA MEMIKAT PELANGGAN DENGAN UJI COBA GRATIS, DENGAN BIAYA PENDAPATANNYA\

Spotify Technology SA pada hari Rabu meramalkan pendapatan kuartal saat ini sebagian besar di bawah perkiraan analis, karena layanan streaming menghabiskan lebih banyak pada promosi untuk memikat pendengar dalam pertempuran melawan Apple Music dan Amazon.

Saham perusahaan Swedia turun lima persen menjadi $ 147 dalam perdagangan tengah hari.

Langganan berbayar Spotify naik 29 persen lebih baik dari perkiraan pada kuartal keempat, sebagian besar dari diskon rencana promosi.

Perusahaan ini menjalankan beberapa kampanye pada kuartal tersebut, termasuk

penawaran intro “3 bulan pada kami” untuk pengguna baru dan tawaran win-back untuk pelanggan yang kembali.

Spotify mencoba memikat pelanggan dengan uji coba gratis, dengan biaya pendapatannya
Spotify memiliki total 217 juta pelanggan termasuk pengguna layanan gratisnya. Gambar: Reuters

Spotify juga menghabiskan lebih banyak untuk podcast, berusaha mengimbangi dua saingan terdekatnya – Apple Music dengan lebih dari 60 juta pelanggan pada Juni dan Amazon, yang memiliki lebih dari 55 juta pelanggan secara global.

Pelanggan berbayar, yang merupakan hampir 90 persen dari pendapatannya, menghitung 124 juta untuk tiga bulan yang berakhir pada 31 Desember. Analis rata-rata memperkirakan 122 juta, menurut FactSet.

Perusahaan memperkirakan angka pelanggan premium kuartal pertama sebagian besar sesuai dengan perkiraan. Perusahaan memperkirakan total pelanggan premium di kisaran 126 juta hingga 131 juta untuk kuartal pertama dibandingkan dengan estimasi 128 juta, menurut Estimasi FactSet.

Namun Spotify melaporkan penurunan pendapatan rata-rata per pengguna (ARPU) untuk kuartal keempat.

“ARPU kami turun lima persen di Q4 dan kami mengharapkan penurunan serupa untuk 2020,” kata Chief Financial Officer Paul Vogel kepada Reuters.

Spotify juga mengatakan membeli Ringer, jaringan podcast olahraga dan hiburan yang didirikan oleh Bill Simmons, dengan harga yang dirahasiakan.

“Apa yang kami lakukan dengan The Ringer, saya pikir, adalah kami membeli ESPN berikutnya,” kata Chief Executive Officer Daniel Ek dalam panggilan pasca-pendapatan.

“Dan kami pikir itu akan menjadi properti yang sangat berharga ketika kami melihat

perkembangan olahraga selama dekade berikutnya.”

Perusahaan, yang meluncurkan layanan musiknya lebih dari satu dekade lalu, telah menginvestasikan lebih dari $ 500 juta untuk membangun bisnis podcast dan saat ini memiliki lebih dari 700.000 judul podcast.

“Lebih jelas bagi kami bahwa mendengarkan podcast mendorong kesehatan bisnis kami secara keseluruhan,” kata Ek.

Pendapatan kuartal keempat naik 24 persen menjadi 1,86 miliar euro ($ 2,05 miliar), meleset dari ekspektasi 1,89 miliar euro, menurut data IBES dari Refinitiv.

Spotify mengharapkan pendapatan kuartal pertama di kisaran 1,71 miliar euro

hingga 1,91 miliar euro, dibandingkan dengan perkiraan 1,90 miliar euro.

Perusahaan melaporkan kerugian yang diatribusikan kepada pemegang saham 209 juta euro, atau 1,14 euro per saham, terutama karena biaya sosial di Swedia.

Baca Juga: