UNDANG UNDANG 1945 MENGENAI HAM

UNDANG UNDANG 1945 MENGENAI HAM

UNDANG UNDANG 1945 MENGENAI HAM

UNDANG UNDANG 1945 MENGENAI HAM

Di Indonesia, hak asasi setiap manusia juga sudah terkandung di dalam UUD 1945 yang mana terdapat dalam pasal 28 A sampai dengan pasal 28 J. Pasal 28 A lebih mengatur mengenai hak asasi manusia untuk dapat hidup dan juga kehidupannya.

Kemudian pasal 28 B, lebih mengatur mengenai hak untuk membina rumah tangga atau berkeluarga. Pada pasal ini, membina keluarga dan melanjutkan keturunan harus melalui pernikahan yang sah dari sudut pandang negara.

Setelah memiliki anak, maka sang anak yang lahir juga akan memiliki hak asasi manusianya sendiri. Jadi anak akan memiliki kesempatan untuk dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan juga dilindungi dari kekerasan dan juga diskriminasi.

Pasal 28 C mencantumkan peraturan hak asasi manusia mengenai perolehan pendidikan. Setiap manusia berhak untuk mendapatkan ilmu-ilmu pengetahuan dan belajar untuk menggunakan dan juga mengembangkan teknologi yang ada.

Selain dari itu, manusia juga berhak untuk mendapatkan dan memajukan dalam bidang budaya dan seni. Pengenyaman pendidikan tersebut lebih diperuntukkan demi kesejahteraan manusia, bangsa, dan juga negara.

Pasal 28 D lebih mengatur dalam bidang hukum. Dalam bidang ini, setiap manusia berhak untuk memiliki status kewarganegaraan atas suatu negara. Selain itu, setiap manusia berhak untuk dapat bekerja, mendapatkan imbalan, dan juga perolehan hukum yang setimpal di muka umum. Sedangkan sisanya, dapat Anda lihat sendiri di UUD 1945, karena pembahasannya akan menjadi sangat panjang.


Sumber: https://hon.co.id/shazap-apk/